ADE SETIAWAN
ADE SETIAWAN Tenaga Kesehatan

All is Well

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Outfit Santri, Sarung, dan Peci Hitam

3 April 2024   06:15 Diperbarui: 3 April 2024   06:38 779
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Outfit Santri, Sarung, dan Peci Hitam
Ilustrasi Outfit Santri, Sarung, dan Peci Hitam / Dokumentasi Pribadi

Santri memakai sarung jamak terlihat sebagai kebiasaan sehari-hari sebagian besar pondok pesantren di Indonesia.

Makanya, para santri itu kerap disebut sebagai "kaum sarungan" lantaran identitas sarung sangat lekat digunakan santri dalam kesehariannya.

Tidak hanya digunakan di lingkungan pondok pesantren seperti ketika sedang tidur, belajar, dan beribadah shalat, bahkan saat berolahraga maupun berjalan-jalan, semuanya dilakukan dengan sarung.

Ya, santri, sarung dan peci merupakan bagian tak terpisahkan dalam aktivitas santri, dari pagi hingga malam.

Bagi santri, sarung dan pecinya adalah pelengkap tradisi pondok pesantren, sekaligus identitas khas santri, bahkan setelah tidak lagi menjadi santri. Para pejabat negara, tokoh agama dan ulama alumni pondok pesantren kerap tetap bersarung sebagai pakaian kekhasan mereka.

Hal itu nampak sebagaimana yang dipraktikan KH. Ma'ruf Amin, walaupun telah menjadi Wakil Presiden RI, identitas sarungan tetap dipertahankan.

Alih-alih memakai celana panjang dan jas, ketika berbagai acara kenegaraan beliau juga kerap menggunakan sarung, jas, dan peci hitam sebagai identitas khas santri.

Belakangan sarung dan peci hitam tak hanya menjadi monopoli kaum santri atau digunakan kaum muslimin ketika ibadah shalat di masjid dan mushala.  

Baca juga: Hari Santri di Pandeglang di Sambut "Ya Lal Wathon"

Dalam sebuah acara Hari Santri nampak masyarakat umum juga ikut memakai sarung dan peci saat upacara bendera yang dilakukan pada peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023

Apalagi dengan adanya instruksi dari Kemenag saat peringatan Hari Santri tahun lalu. Melalui laman resminya, kemenag.go.id, menghimbau bagi semua peserta upacara wajib untuk beratribut sarung dan peci.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun