Lauw Charlie
Lauw Charlie Akuntan

Saya seseorang yang sangat suka mendengarkan musik, membaca artikel-artikel yang menarik, dan baru memulai menulis untuk menambah wawasan baru.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Peran Penting Pemerintah Daerah Terkait Arus Balik Setelah Lebaran

4 April 2024   16:05 Diperbarui: 4 April 2024   16:06 131
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Peran Penting Pemerintah Daerah Terkait Arus Balik Setelah Lebaran
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Ditulis oleh : Lauw Charlie, 4 April 2024

Lebaran, merupakan suatu momen yang sangat ditunggu bagi banyak orang yang merayakannya, karena pada momen ini, merupakan suatu momen yang sangat penting bagi semua orang untuk menjaga silaturahmi, baik antar keluarga, teman, sahabat, dan semua orang.

Akan tetapi, ada suatu hal yang tidak bisa dipungkiri, yaitu, ketika momen lebaran tiba, maka akan muncul juga suatu fenomena yang biasa kita jumpai ialah Urbanisasi. Urbanisasi itu sendiri, menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), adalah perpindahan penduduk secara berduyun-duyun dari desa, atau kota kecil atau luar kota atau daerah ke kota besar (pusat pemerintahan), dan ini merupakan suatu fenomena yang kerap kali kita jumpai, di saat momen setelah lebaran.

Urbanisasi itu sendiri, bisa terjadi karena adanya beberapa faktor penyebabnya, yaitu diantaranya adalah pertama, anggapan bahwa di kota, memiliki nilai penghasilan yang jauh lebih besar, dibandingkan di daerah atau luar kota. Kedua, di kota besar dianggap lebih memiliki fasilitas yang lebih lengkap, seperti dalam hal pendidikan, kesehatan, maupun rekreasi. Ketiga, dalam sisi kebudayaan, kota besar lebih memiliki kebudayaan yang lebih tinggi atau modern. Keempat, di kota, dianggap tempat untuk menggantungkan keahlian. Kelima, secara upah kerja, sering kota dianggap memiliki nilai upah yang lebih tinggi, dibandingkan di luar kota atau daerah.

Faktor-faktor diatas, merupakan yang seringkali menjadi penyebab terjadinya urbanisasi. Seharusnya, ini menjadi suatu pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah, karena dari beberapa faktor tersebut, sebenarnya ada plus dan minus, maksudnya, dari segi penghasilan ataupun upah, walaupun kelihatan tinggi, akan tetapi perlu diperhatikan dari sisi biaya hidup. Karena pengeluaran dari sisi daerah dan kota memiliki perbedaan yang cukup lumayan perlu diperhatikan.

Pemerintah daerah pun, perlu memperhatikan baik sisi kesehatan, pendidikan ataupun tempat wisata atau rekreasi. Karena dari sisi keahlian, secara teknis baik sumber daya manusia, baik di kota, maupun di luar kota atau daerah, itu sebenarnya sama baiknya. Jadi pemerintah daerah pun, perlu melakukan pengembangan diri, agar setiap daerah terus bertumbuh, berkembang dan semakin maju. Jika terdapat kendala atau hambatan, mungkin bisa meminta bantuan dukungan atau pelatihan dari pemerintah pusat ataupun bisa dengan membuka kerjasama atau dukungan dari perusahaan-perusahaan di daerah agar terus dapat saling bekerjasama untuk memajukan tiap-tiap daerah.

Oleh karena itu, terkait terjadinya peristiwa urbanisasi, maka pemerintah daerah pun, perlu melakukan evaluasi dalam berbagai hal, sehinggap setiap kepala daerah harus terus saling berkolaborasi dengan pengurus-pengurusnya, untuk terus berinovasi, berkreasi, dan melakukan cara agar terus membuat setiap daerah yang dipimpinnya, menjadi daerah yang terus berkembang, sehingga jika dari bidang pendidikan, kesehatan, dan dari berbagai bidang lainnya, jika terus diupayakan berkembang, maka saya percaya kelak di kemudian hari urbanisasi pun akan menjadi berkurang. Karena dari daerah pun memiliki potensi yang luar biasa, baik dalam sumber daya alamnya, dan perlu juga adanya pembinaan sumber daya manusia, agar terus diberikan pelatihan, dan pendidikan agar mereka dapat berkembang terus maju, dengan membangun suatu pemikiran yang baik kedepannya. Sehingga segala tindak kejahatan, krimininalitas, maupun hal yang ingin memecah persatuan dan kesatuan bangsa itupun dapat segera dihilangkan. Sehingga bangsa Indonesia, dapat terus maju, dan rakyatnya maju. Indonesia maju, Indonesia negriku.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun