Syaiful Rohman R
Syaiful Rohman R Guru

Praktisi Pendidikan, Penulis, Penggiat Literasi, Pemerhati Lingkungan Hidup, Sosial Budaya, dan Kemasyarakatan.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Tips dan Trik: Membuat Rumah Aman Selama Mudik

4 April 2024   07:50 Diperbarui: 4 April 2024   08:03 180
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips dan Trik: Membuat Rumah Aman Selama Mudik
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Mudik merupakan tradisi yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya Indonesia, terutama saat menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri. Namun, dalam momen yang penuh kegembiraan ini, seringkali kita lupa untuk memastikan rumah kita aman dari berbagai risiko yang mungkin terjadi selama kita meninggalkannya. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan rumah dengan baik sebelum mudik agar tetap aman dan terlindungi selama kita pergi. Dalam tulisan ini, penulis akan membagikan tips dan trik untuk membuat rumah Anda aman selama mudik.

1. Mengamankan Pintu dan Jendela

Pada saat akan meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan semua pintu dan jendela sudah terkunci dengan baik. Ini adalah langkah dasar namun penting untuk mencegah akses masuk bagi orang asing yang tidak diinginkan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasang kunci tambahan atau pengaman khusus di pintu dan jendela untuk meningkatkan keamanan.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa keadaan kunci dan engsel pintu dan jendela. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan tidak rusak. Jika ada yang rusak, segera perbaiki sebelum meninggalkan rumah.

2. Menyimpan Barang Berharga

Saat meninggalkan rumah untuk mudik, pastikan untuk menyimpan barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan barang elektronik di tempat yang aman dan tersembunyi. Jangan meninggalkan barang berharga tersebut di tempat yang mudah dijangkau oleh orang asing.

Anda dapat menggunakan brankas atau tempat penyimpanan tersembunyi lainnya untuk menyimpan barang-barang berharga Anda. Pastikan untuk tidak memberi tahu siapa pun, kecuali anggota keluarga terdekat, tentang lokasi penyimpanan barang-barang berharga tersebut.

3. Mengatur Pencahayaan Rumah

Pencahayaan rumah yang baik dapat membantu mencegah terjadinya tindakan kriminal selama Anda sedang mudik. Pastikan untuk meninggalkan beberapa lampu dalam rumah menyala, terutama di area depan rumah dan bagian-bagian yang terlihat dari luar. Anda juga dapat menggunakan timer lampu otomatis untuk mengatur pencahayaan rumah sehingga terlihat seperti ada orang di dalam rumah.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa dan memastikan semua lampu luar rumah berfungsi dengan baik. Lampu luar yang menyala dapat membuat rumah terlihat lebih aman dan mencegah orang asing untuk mendekati rumah Anda.

4. Menjaga Kebersihan Rumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun