Welly Eru
Welly Eru Novelis

Nama Pena: Ikko Williams (Penulis novel Amin yang Sama dan Sujudku Karena Cinta)

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Mudik Tanpa Khawatir: Checklist Keamanan Rumah

4 April 2024   09:09 Diperbarui: 4 April 2024   09:09 258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mudik Tanpa Khawatir: Checklist Keamanan Rumah
Galeri Pribadi

Menjaga rumah agar tetap aman saat mudik Lebaran adalah kepentingan semua pemilik rumah yang ingin pulang ke kampung halaman tanpa kekhawatiran. Berikut adalah beberapa tips dariku untuk persiapan menjelang kepergian kamu ke kampung halaman, sehingga kamu dapat menikmati momen berkumpul dengan keluarga tanpa rasa cemas.


1. Memastikan Keamanan Kunci: Sebagai langkah pencegahan pertama, periksa semua kunci pada pintu dan jendela. Jika terdapat yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik, segera ganti. Ganda-kunci pintu utama, dan jika kamu memiliki brankas, pastikan ia terkunci dengan baik.

2. Mematikan Aliran Listrik pada Elektronik: Cabut aliran listrik dari semua peralatan elektronik yang tidak diperlukan untuk meminimalisir risiko kebakaran. Namun, pertimbangkan untuk meninggalkan beberapa lampu dengan pengatur waktu untuk membuat kesan bahwa ada orang di rumah.

Galeri Pribadi
Galeri Pribadi

3. Sistem Keamanan yang Terpercaya: Jika rumahmu dilengkapi dengan sistem keamanan, pastikan semuanya aktif dan terhubung dengan perusahaan keamanan atau ponselmu. Kamera pengawas (CCTV) dapat sangat membantu untuk memantau situasi rumah dari kejauhan.

Galeri Pribadi
Galeri Pribadi

4. Percayakan Kunci kepada Tetangga: Meninggalkan kunci cadangan kepada tetangga yang kamu percayai merupakan langkah bijak. Mereka bisa membantu memeriksa rumah dan memberi kesan ada aktivitas di dalamnya, serta mengelola masalah mendesak yang mungkin terjadi.

5. Menyimpan Barang Outdoor: Simpan barang-barang yang biasa diletakkan di luar rumah, termasuk perabotan taman dan mainan anak-anak, untuk mencegah pencurian atau kerusakan akibat cuaca.

Galeri Pribadi
Galeri Pribadi

6. Pemeliharaan Lingkungan Rumah: Pertimbangkan untuk menyewa jasa perawatan taman selama kamu mudik. Kebun yang terawat bisa memberikan kesan bahwa rumah tidak kosong.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun