Menavigasi Era Digital di Bulan Ramadan: Antara FOMO, YOLO, dan Kebangkitan YONO
Ramadan adalah bulan refleksi, penyucian diri, dan kembali pada esensi kehidupan. Namun, di era digital, Ramadan juga menjadi ajang perbandingan dan ekspektasi sosial yang semakin tinggi. Media sosial dipenuhi dengan unggahan tentang ibadah, berbuka puasa mewah, dan perjalanan religi, yang tak jarang memicu fenomena FOMO (Fear of Missing Out/ketakutan untuk tertinggal), YOLO (You Only Live Once/kamu hanya hidup sekali), dan semakin relevannya konsep YONO (You Only Need One/kamu hanya butuh satu). Bagaimana kita dapat menavigasi realitas digital ini agar Ramadan tetap menjadi momen perenungan yang bermakna?
FOMO: Bayang-bayang Kecemasan di Tengah Ramadan
KEMBALI KE ARTIKELBercerita +SELENGKAPNYA
Ketemu di Ramadan

Selain buka puasa bersama, Kompasiana dan teman Tenteram ingin mengajak Kompasianer untuk saling berbagi perasaan dan sama-sama merefleksikan kembali makna hari raya.
Info selengkapnya: KetemudiRamadan2025