KOMENTAR
RAMADAN

Tips Meningkatkan Keamanan Rumah Saat Mudik

4 April 2024   14:16 Diperbarui: 4 April 2024   14:23 177 1

Mudik adalah momen yang dinanti-nantikan bagi banyak orang, tetapi meninggalkan rumah kosong selama periode yang lama dapat meningkatkan risiko keamanan. Untuk menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik, ada beberapa langkah yang dapat diambil. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan keamanan rumah Anda saat Anda pergi:

1. Beritahu Orang Terpercaya

Sampaikan kepada tetangga terdekat, teman, atau anggota keluarga terpercaya bahwa Anda akan pergi mudik. Beri tahu mereka tanggal berapa Anda akan pergi dan kapan Anda diperkirakan akan kembali. Minta mereka untuk memantau rumah Anda secara berkala dan memberi tahu Anda jika ada kejadian yang mencurigakan.

2. Pasang Sistem Keamanan

Investasikan dalam sistem keamanan rumah seperti kamera pengawas, alarm keamanan, atau sensor gerak. Sistem-sistem ini dapat memberikan perlindungan tambahan dengan memberi peringatan kepada Anda dan pihak berwenang jika ada aktivitas yang mencurigakan terdeteksi di sekitar rumah Anda.

3. Tidak Membagikan Rencana Perjalanan di Media Sosial

Hindari membagikan rencana perjalanan Anda secara terbuka di media sosial. Posting tentang rencana mudik Anda dapat memberi informasi kepada orang asing bahwa rumah Anda akan kosong, yang dapat meningkatkan risiko pencurian.

4. Pasang Timer Lampu

Gunakan timer lampu untuk mengatur lampu-lampu di rumah Anda agar menyala dan mati pada waktu tertentu. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa ada orang di rumah meskipun sebenarnya tidak ada, sehingga dapat mencegah pencurian.

5. Jangan Menyimpan Barang Berharga di Tempat yang Mudah Dilihat

Jika Anda memiliki barang-barang berharga seperti perhiasan atau elektronik mahal, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Hindari meninggalkan barang-barang berharga di tempat yang mudah dijangkau atau dilihat oleh orang asing.

6. Berlangganan Layanan Penjagaan Rumah

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berlangganan layanan penjagaan rumah jika Anda merasa perlu. Layanan ini biasanya menyediakan petugas keamanan yang akan memantau rumah Anda secara teratur dan memberikan laporan jika terjadi kejadian yang mencurigakan.

7. Matikan Sumber Air dan Listrik yang Tidak Diperlukan

Matikan sumber air dan listrik yang tidak diperlukan seperti keran air luar, alat elektronik, dan lampu-lampu yang tidak terpakai. Ini tidak hanya membantu menghemat energi, tetapi juga dapat mencegah kebocoran air atau kebakaran.

8. Persiapkan Pemeliharaan Rumah

Lakukan persiapan pemeliharaan rumah sebelum Anda pergi. Pastikan atap, dinding, dan pintu-pintu terkunci dengan baik. Periksa juga sistem pengamanan rumah Anda untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum Anda pergi.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan keamanan rumah Anda saat ditinggal mudik. Penting untuk mempersiapkan rumah Anda dengan baik sebelum pergi agar Anda dapat menikmati liburan dengan pikiran yang tenang, tanpa perlu khawatir tentang keamanan rumah Anda.

KEMBALI KE ARTIKEL


Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

Laporkan Konten
Laporkan Akun