Rahmah Chemist
Rahmah Chemist Administrasi

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Tip Meninggalkan Rumah Kontrakan agar Tenang Mudik ke Kampung Halaman

4 April 2024   10:56 Diperbarui: 4 April 2024   11:11 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tip Meninggalkan Rumah Kontrakan agar Tenang Mudik ke Kampung Halaman
Made by Canva

Lebaran tinggal menghitung hari. Rezeki tahun ini mudiknya ke kampung suami. Meski begitu, kami harus menyiapkan beberapa hal yang sangat penting agar tetap tenang dan nyaman ketika pergi. Salah satunya adalah memastikan rumah kontrakan sudah dalam kondisi pantas untuk ditinggal pergi.

Ya, meski rumah kontrakan tetap harus dirawat dan dijaga ibaratnya punya rumah pribadi. Apa saja yang menjadi hak pemilik kontrakan harus dipenuhi. Setidaknya membuat mereka tidak kapok menjadikan kita sebagai pengontrak dengan berbagai keunikan yang terjadi. Ya, kami punya anak tiga dan semuanya aktif, pastinya suara anak-anak kami bisa saja membuat mereka kaget apalagi kalau terjadi di malam hari. 

Namun, senangnya karena lingkungan rumah kontrakan selalu aman. Warga sekitar juga tidak pernah membuat kegiatan yang bikin kami menjadi tidak nyaman. Meski ada saja satu dua tetangga yang suka membandingkan antar satu keluarga dengan keluarga lain, kami tidak menjadikannya sebagai permasalahan. Hak orang mau berargumen seperti apa tentang apa pun. Asalkan diri tetap menunjukkan sikap baik dan santun. 

Kami juga sudah packing barang apa saja yang penting dibawa agar di lokasi mudik tidak kelabakan. Soalnya kalau terlupa bisa over budget jika berada di kampung halaman.

Nah, bicara mudik tadi, rumah kontrakan kami harus dipastikan aman karena akan ditinggal mudik selama sepekan. Berikut adalah beberapa hal yang kami lakukan:

Membersihkan Rumah

Segala perabot, lantai, jendela dan lain-lainnya yang kotor kami bersihkan. Hal ini untuk mencegah munculnya hewan-hewan yang senang dengan kondisi demikian. Lantai di-pel dengan pengharum, pokoknya semua dibersihkan. Sampah yang ada sebaiknya juga dibuang. Baik sampah dalam atau sampah luar.

Ini juga menjadi keuntungan kami ketika kelak balik dari mudik, tetap merasa nyaman ketika masuk ke dalam rumah kembali. Bau-bau yang tidak sedap segera dihilangkan supaya tetangga sebelah juga tidak kena imbasnya juga. 

Jadwal membersihkannya pun diatur supaya tidak lelah apalagi kalau masih puasa. Biasanya H-3 sudah mulai menata sedikit demi sedikit yang harus diberishkan. Kalau sampah biasanya dilakukan sejam sebelum naik kendaraan karena memang menjaga tidak ada sampah yang tertinggal.

Memastikan Barang Berharga di Tempat yang Aman

Nah, kalau di rumah ada barang-barang elektronik atau perhiasan yang berharga, bisa disimpan di tempat yang aman. Kalau bisa di tempat yang sekiranya enggak di tempat pada umumnya. Ini menjaga-jaga kalau misal ada kejahatan, pelakunya tidak mengendus barang berharga di dalam. 

Kalau ingin membawanya supaya merasa lebih aman, itu juga lebih baik. Pastikan juga penyimpanan di koper atau di tas berada di sudut yang aman. Ada teman yang menyarankan juga kalau disimpan di tempat aman seperti tempat penyimpanan barang berharga dan bersertifikat kalau merasa di rumah tidak aman.

Menyalakan Lampu Teras dan Ruangan Tertentu

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun