Nabila Rahmadina Munir
Nabila Rahmadina Munir Mahasiswa

Mahasiswi UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Ramadhan Ga Ibadah? Rugi Dong, Suasana Pesantren Ramadhan MI Al Huda Karangnongko

4 April 2024   10:51 Diperbarui: 6 April 2024   08:26 155
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ramadhan Ga Ibadah? Rugi Dong, Suasana Pesantren Ramadhan MI Al Huda Karangnongko
Pembukaan pesantren ramadhan (dok. pribadi)

Ramadhan selalu dinanti-nanti oleh tiap muslim dengan penuh sukacita. Tak terkecuali MI Al Huda Karangnongko yang menyambut bulan penuh Rahmat tersebut dengan runtutan kegiatan yang bermanfaat. Pesantren ramadhan yang dilaksanakan pada Sabtu, 23 Maret 2024 memberi ruang bagi siswa-siswi untuk beribadah bersama-sama. 

Ada suasana yang berbeda dalam pesantren Ramadhan kali ini karena kegiatan ini akan dibarengi dengan penarikan mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dari Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Segala kegiatan yang dilakukan dalam pesantren ramadhan kali ini tentu telah direncanakan dengan baik. 

Perencanaan dari kegiatan ramadhan ini telah dirancang sendiri oleh para mahasiswa PLP. Disambut dengan penampilan dari Tim Hadroh MI Al Huda Karangnongko menandai akan dimulainya kegiatan pesantren ramadhan. Kegiatan yang dimulai dari pukul 16.00 WIB bertempat di lapangan MI Al Huda Karangnongko dibuka oleh MC dengan ucapan bismillah mengajak para siswa, jajaran para guru, serta mahasiswa PLP untuk dapat memulai kegiatan tersebut dengan penuh hidmat. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Slamet Subagya, S.Pd., M.Pd., sebagai kepala sekolah MI Al Huda Karangnongko, perwakilan mahasiswa PLP, serta M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd., sebagai Dosen Pembimbing Lapangan PLP. Penyerahan sertifikat dari pihak UIN Sunan Kalijaga kepada MI Al Huda Karangnongko serta sesi foto bersama dilakukan setelah sambutan selesai.

Kegiatan pesantren ramadhan yang memiliki jargon "Ramadhan ga ibadah? Rugi dong" turut menghadirkan acara dongeng yang diisi oleh Kak Andria. Dongeng yang menceritakan kisah hidup Nabi Muhammad SAW ini diharapkan agar para siswa dapat meneladaninya. Segera setelah dongeng berakhir, adzan magrib pun berkumandang saat itulah siswa-siswi pun berbuka bersama. Takjil serta makanan berat telah disediakan dari pihak sekolah. Sholat magrib berjamaah pun didirikan diikuti oleh seluruh siswa. Setelah mengikuti kegiatan sholat magrib berjamaah, para siswa dipersilahkan untuk pulang terkecuali kelas 5 yang akan menginap dan melaksanakan kegiatan selanjutnya di sekolah.

shalat tarawih berjamaah (dok. pribadi)
shalat tarawih berjamaah (dok. pribadi)

Saat adzan isya' berkumandang siswa kelas 5 pun melaksanakan shalat tarawih berjamaah dibersamai oleh para guru dan mahasiswa PLP. Muroja'ah juz 30 dilantunkan oleh kelas 5 setelah shalat berjamaah selesai. Kegiatan penuh ibadah ini dilaksanakan dengan penuh hidmat dipimpin oleh mahasiswa PLP. Setelah melaksanakan muroja'ah siswa diminta menuju lapangan. Disini mereka bergembira untuk berkompetisi dalam game dimana pemenang game ini akan memperoleh hadiah. Puas bermain bersama, para siswa pun menyaksikan video documenter yang dipersembahkan oleh mahasiswa PLP sebagai bentuk perpisahan mereka. Film Jembatan Pensil pun ditayangkan setelahnya. Acara malam tersebut ditutup dengan menyanyikan lagu Sampai Jumpa bersama-sama sebelum mereka beranjak untuk tidur.

siswa kelas 5 melaksanakan sahur (dok. pribadi)
siswa kelas 5 melaksanakan sahur (dok. pribadi)

Saat jam menunjukkan pukul 03.30 WIB siswa bersama-sama melaksanakan ibadah sahur. Sholat subuh pun didirikan setelah sahur selesai. Namun acara tidak berhenti disitu, setelah subuh para siswa turut membersihkan ruangan yang mereka gunakan saat menginap serta lapangan yang mereka gunakan. Menjaga kebersihan tentu telah menjadi kebiasaan yang harus kita miliki. Ketika keadaan lingkungan sekitar serta ruangan telah bersih para siswa dipersilahkan untuk kembali pulang ke rumah mereka masing-masing. Sambil berpamitan kepada para guru dan mahasiswa PLP mereka kembali satu per satu. Kegiatan pesantren Ramadhan MI Al Huda Karangnongko ini pun telah berakhir dengan sukses tanpa hambatan yang berarti. Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan para siswa dapat mengisi kegiatan sehari-harinya dengan penuh manfaat selama bulan Ramadhan ini berlangsung.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun