Sutiono Gunadi
Sutiono Gunadi Purna tugas

Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik

4 April 2024   04:00 Diperbarui: 4 April 2024   04:14 140
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik
Ilustrasi ( sumber gambar: seratusnews.id)


Selain harus mempersiapkan perjalanan untuk mudik dengan baik, seperti daerah yang akan dikunjungi, menginap dimana, dan menyiapkan keamanan kendaraan, serta prrlengkapannya. Kita juga harus meninggalkan rumah dengan aman, agar saat ditinggal pergi mudik, rusong (rumah kosong) tidak menjadi incaran penjahat spesialis rusong.

Ada tips yang perlu diperhatikan, sebelum pergi meninggalkan rumah, sebagai berikut:

1. Matikan semua peralatan elektronik

Saat ingin mudik, sebaiknya lemari es / kulkas dalam keadaan kosong, sehingga bila aliran listrik dipadamkan, tidak ada makanan yang rusak. Komputer, AC, mesin cuci, televisi, sound system, dan peralatan elektronik lainnya sudah dalam keadaan mati (off). Bila perlu padamkan aliran listrik, dan sisakan lampu untuk di depan rumah dan lampu kebun. Cabut semua kabel dari semua peralatan elektronik guna mencegah terjadinya hubungan pendek listrik.

2. Tutup dan kunci semua jendela dan pintu rumah

Termasuk pintu pagar halaman juga harus ditutup. Bila memiliki sepeda motor atau sepeda, sebaiknya dikunci, dan kunci disimpan dengan aman.

3.  Amankan dokumen penting

Dokumen peting dan barang berharga sebaiknya dititipkan pada safe deposit di bank. Hal ini guna mencegah, bila rumah dibobol maling atau terjadi kebakaran.

4. Matikan semua kran air.

Hal ini untuk mencegah agar jangan terjadi banjir di dalam rumah, gara-gara ada air yang masih mengucur. Juga periksa kondisi gas di rumah, harus dalam keadaan mati. Periksa dapur, semua kompor harus sudah dalam keadaan mati.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun