Syahiduz Zaman
Syahiduz Zaman Dosen

Penyuka permainan bahasa, logika dan berpikir lateral, seorang dosen dan peneliti, pemerhati masalah-masalah pendidikan, juga pengamat politik.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

10 Langkah Mudah Menjaga Rumah Saat Mudik Lebaran dengan IoT, Anda Wajib Tahu!

4 April 2024   09:00 Diperbarui: 4 April 2024   09:02 1395
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
10 Langkah Mudah Menjaga Rumah Saat Mudik Lebaran dengan IoT, Anda Wajib Tahu!
Ilustrasi smarthome dengan teknologi IoT. (Freepik.com/jcomp)

Pada era digital ini, teknologi Internet of Things (IoT) telah menjadi lebih dari sekadar gagasan futuristik; ia telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. 

Salah satu tren yang menarik adalah penurunan harga perangkat IoT, menjadikannya semakin terjangkau bagi masyarakat luas. 

Inovasi dalam produksi, pengembangan komponen, dan skala produksi telah memungkinkan penurunan signifikan dalam biaya perangkat IoT, membuatnya lebih mudah diakses oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dengan harga yang semakin terjangkau, teknologi IoT tidak lagi menjadi barang mewah yang hanya dapat dinikmati oleh segelintir orang. 

Semakin banyak produsen yang memasuki pasar dengan solusi IoT yang terjangkau, mulai dari kamera keamanan pintar hingga termostat pintar dan sensor pintu. 

Ini membuka pintu bagi lebih banyak rumah untuk terhubung secara pintar, memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan memantau berbagai aspek kehidupan mereka dengan lebih efisien dan efektif. 

Dengan demikian, IoT semakin menempatkan kemampuan untuk mengelola rumah secara cerdas dalam genggaman setiap individu, memperluas potensi untuk meningkatkan keamanan, efisiensi energi, dan kenyamanan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

Menjamin Keamanan Rumah Anda dengan IoT

Ketika musim mudik Lebaran tiba, salah satu kekhawatiran utama bagi banyak orang adalah keamanan rumah yang akan ditinggalkan. 

Beruntung, perkembangan IoT telah membawa solusi cerdas yang dapat meminimalisir kekhawatiran ini. 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjamin keamanan rumah Anda melalui pemanfaatan IoT:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun