Thoyib Abdullah
Thoyib Abdullah Lainnya

The deeper I see, the more I understand the feeling -------- Ecommerce Enthusiast, Freelance Writer and Teacher, Postgraduate Student of English Education, Pendamping Proses Produk Halal (Certified Halal Product Process Assistant)

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Sedekah Berkah: Menggali Makna Surah Al Baqarah Ayat 261

18 Maret 2024   13:45 Diperbarui: 18 Maret 2024   13:50 172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sedekah Berkah: Menggali Makna Surah Al Baqarah Ayat 261
Sumber gambar: dokpri dibuat dengan canva

Surah Al Baqarah ayat 261 menyajikan perumpamaan yang indah tentang keberkahan sedekah dalam agama Islam. Ayat ini memberikan gambaran tentang bagaimana sedekah dapat menghasilkan berlipat-lipat pahala bagi orang yang bersedekah di jalan Allah.

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menggunakan perumpamaan sebuah benih yang ditanam dengan penuh keyakinan dan ketulusan. Allah berfirman bahwa orang yang menginfakkan hartanya di jalan-Nya seperti menabur sebutir biji yang kemudian tumbuh menjadi tujuh tangkai. Setiap tangkai menghasilkan seratus biji. Hal ini menggambarkan bahwa sedekah yang dilakukan dengan ikhlas akan menghasilkan keberkahan yang melimpah ruah.

Keberkahan dalam Sedekah

Perumpamaan biji yang tumbuh menjadi tujuh tangkai menggambarkan bagaimana sedekah dapat berkembang dan menghasilkan hasil yang melimpah. Demikian pula, sedekah yang diniatkan untuk Allah akan menghasilkan keberkahan yang meluas dalam kehidupan seseorang.

Pahala yang Berlipat

Allah menjanjikan untuk melipatgandakan pahala bagi orang yang bersedekah. Ini menunjukkan bahwa Allah adalah Maha Pemurah dan memberikan ganjaran yang melimpah bagi hamba-Nya yang taat. Meskipun sedekah itu sendiri mungkin terlihat sebagai pengorbanan, namun Allah menjanjikan pahala yang jauh lebih besar daripada apa yang diberikan.

Kelebihan dari Allah

Dalam ayat ini, Allah menyatakan bahwa Dia adalah Maha Luas lagi Maha Mengetahui. Hal ini menekankan bahwa Allah memiliki kekuasaan yang luas untuk memberikan keberkahan, dan Dia memiliki pengetahuan yang sempurna tentang setiap tindakan hamba-Nya. Oleh karena itu, bersedekahlah dengan keyakinan bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi hamba-Nya.

Tingkat Kepedulian

Surah Al Baqarah ayat 261 juga menunjukkan pentingnya kepedulian terhadap sesama. Bersedekah tidak hanya tentang memberikan sebagian dari harta, tetapi juga tentang memperluas rasa empati dan kepedulian terhadap orang lain yang membutuhkan.

Dengan demikian, Surah Al Baqarah ayat 261 mengajarkan kepada umat Islam untuk tidak hanya memberikan sedekah dengan tulus, tetapi juga untuk memahami bahwa sedekah merupakan investasi spiritual yang membawa keberkahan dalam kehidupan di dunia dan akhirat. Semakin besar keyakinan dan ketulusan dalam bersedekah, semakin besar pula keberkahan yang akan diperoleh.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun