Yulie Kusuma
Yulie Kusuma Penulis

Penulis dan blogger yang menjadikan tulisan sebagai cara untuk berbagi ide dan inspirasi

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Kunjungi Destinasi Wisata Sepanjang Jalur Mudik

8 April 2024   01:48 Diperbarui: 8 April 2024   02:06 811
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kunjungi Destinasi Wisata Sepanjang Jalur Mudik
www.canva.com

Apakah bisa mengunjungi destinasi wisata sambil mudik? tentu saja. Musim mudik Lebaran merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Ini adalah momen untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Bukan hanya itu, mudik juga menjadi kesempatan untuk menjelajahi berbagai destinasi wisata menarik di sepanjang perjalanan. 

Jalur-jalur mudik yang ramai selama musim ini juga menyajikan beragam objek wisata yang patut untuk dikunjungi. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat ditemui di tiap jalur mudik utama di Indonesia. Mulai dari destinasi wisata budaya hingga alam, setiap perjalanan akan menjadi pengalaman yang berkesan dan menambah warna pada momen mudik Anda. 

1.Jalur Mudik Utara Jawa

Jalur Mudik Utara Jawa adalah salah satu rute utama yang banyak dilalui oleh para pemudik selama musim mudik Lebaran. Rute ini melintasi sejumlah provinsi di Pulau Jawa, dimulai dari Banten di ujung barat hingga Jawa Timur di ujung timur. Selama perjalanan melalui jalur ini, para pemudik dapat menemui berbagai destinasi wisata menarik yang dapat menjadi pilihan untuk singgah dan bersantai sejenak. Berikut adalah beberapa destinasi wisata yang dapat ditemui di Jalur Mudik Utara Jawa:

a.Pantai Anyer, Banten

Ini adalah salah satu destinasi populer di Banten. Terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan air lautnya yang jernih, pantai ini menjadi tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan pesisir. Selain itu, Pantai Anyer juga menawarkan berbagai aktivitas seperti berenang, berjemur, atau sekadar menikmati matahari terbenam yang memukau.

b.Kampung Batik Trusmi, Cirebon, Jawa Barat

Kampung Batik Trusmi adalah pusat batik tradisional yang terletak di Cirebon, Jawa Barat. Pengunjung dapat menyaksikan proses pembuatan batik secara langsung, membeli berbagai produk batik dengan motif khas Cirebon, atau bahkan mencoba membuat batik sendiri. Kampung Batik Trusmi merupakan tempat yang ideal untuk memperoleh oleh-oleh khas Cirebon yang berkesan.

c.Lawang Sewu, Semarang, Jawa Tengah

Lawang Sewu adalah salah satu bangunan bersejarah yang terkenal di Semarang, Jawa Tengah. Bangunan ini memiliki arsitektur yang unik dan menjadi ikon kota Semarang. Pengunjung dapat menjelajahi interior bangunan ini yang penuh dengan lorong-lorong dan ruangan-ruangan yang menarik, serta mengetahui lebih lanjut tentang sejarahnya melalui tur dan pameran yang diselenggarakan di sana.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun