Ainur Rochimah
Ainur Rochimah Pelajar Sekolah

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Ngabuburit di Kampoeng Ramadhan Kadjen: Tempat Seru Buat Nongkrong dan Berbuka Puasa!

4 April 2024   07:35 Diperbarui: 4 April 2024   14:01 146
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ngabuburit di Kampoeng Ramadhan Kadjen: Tempat Seru Buat Nongkrong dan Berbuka Puasa!
Dok. pribadi

Kampung Ramadhan adalah sebuah tempat yang khusus dibentuk untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Di sini, terdapat berbagai kegiatan yang menjadikan suasana Ramadhan semakin berwarna. Kampung Ramadhan sering kali menjadi pusat kegiatan sosial, keagamaan, dan budaya di masyarakat Muslim.

Kampoeng Ramadhan Kadjen merupakan program Karang Taruna Sumohadiwijayan Desa Kajen yang dilakukan rutin setiap tahunnya di bulan Ramadhan setiap tahunnya. Lokasinya berada di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Banyak hal menarik yang ada di sini.

 

Hadir dengan Tema Menarik

Kali ini, Kampoeng Ramadhan Kadjen hadir dengan tema "Berburu Ta'jil yang Manis-Manis". Kegiatan berlangsung selama 15 hari yang dimulai pada tanggal 1 Ramadhan kemarin. Makna dari tema tersebut yaitu adanya beragam makanan dan minuman yang rasanya manis-manis. Bukan hanya makanan dan minumannya, orang-orangnya pun manis-manis.

Para Santri yang Meramaikan

Desa Kajen sering disebut sebagai Kota Santri. Terdapat banyak madrasah, pondok pesantren, dan makam Waliyullah di sana. Para santri berbondong-bondong ikut meramaikan Kampoeng Ramadhan Kadjen. Berpakaian rapi dengan baju muslim khas santri.

Kuliner Khas Ramadhan

Salah satu keunikan Kampoeng Ramadhan Kadjen adalah kulinernya. Terdapat kurang lebih 86 stand bazar yang menjual berbagai makanan dan minuman khas untuk berbuka puasa. Mulai dari es buah, takjil tradisional, kue pancong hingga hidangan lezat lainnya dapat ditemukan di sini. Para pedagang berbondong-bondong memajang dagangan mereka, menciptakan suasana yang ramai dan meriah di sepanjang jalan.

Pertunjukan Seni Musik

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun