Yasir Nadem
Yasir Nadem Administrasi

Jika Kurang Paham Silakan ke: https://www.freefire.id/

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Apakah Masturbasi Membatalkan Puasa Rumaysho Sunah Saat Malam Hari

4 April 2024   15:31 Diperbarui: 4 April 2024   15:34 186
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apakah Masturbasi Membatalkan Puasa Rumaysho Sunah Saat Malam Hari
Apakah Masturbasi Membatalkan Puasa Rumaysho Sunah Saat Malam Hari (Sumber Gambar :  Yufid.TV -  Al-Bahjah  TV)

Puasa Rumaysho Sunah adalah praktik sunnah yang dilakukan pada malam hari, khususnya di bulan Ramadan. Hal ini melibatkan menunda sahur hingga setelah tengah malam dan menyelesaikan ibadah sahur sebelum fajar. 

Meskipun terdapat beberapa perbedaan pendapat di kalangan ulama mengenai praktik ini, bagi yang memilih untuk melakukannya, menjaga kesucian dan kesempurnaan ibadah adalah hal yang penting.

Definisi Masturbasi dalam Islam

Masturbasi, secara umum, dianggap sebagai tindakan haram dalam Islam. Hal ini dilarang karena melanggar prinsip kesucian, ketaatan, dan pengendalian diri yang merupakan bagian penting dari ajaran agama. Masturbasi adalah tindakan membangkitkan hasrat seksual dan meraih kepuasan secara seksual tanpa keterlibatan pasangan yang sah dalam ikatan pernikahan.

Hubungan Masturbasi dengan Puasa

Mengenai apakah masturbasi membatalkan puasa, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Namun, mayoritas ulama sepakat bahwa masturbasi tidak secara langsung membatalkan puasa secara fisik, karena tidak ada unsur makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Kontroversi seputar Masturbasi pada Malam Hari saat Puasa Rumaysho Sunah

Dalam konteks puasa Rumaysho Sunah pada malam hari, tindakan masturbasi masih dipandang sebagai tindakan yang merusak kesucian dan ketaatan. Meskipun puasa tersebut tidak secara langsung terganggu oleh tindakan tersebut, namun perilaku tersebut menunjukkan kurangnya pengendalian diri dan ketakwaan.

Rekomendasi dan Penutup

Dalam Islam, menjaga kesucian dan kepatuhan terhadap ajaran agama adalah prioritas utama. Masturbasi, meskipun tidak secara langsung membatalkan puasa secara fisik, tetap dianggap sebagai perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama Islam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun