Amelia Rifqi Azizah
Amelia Rifqi Azizah Mahasiswa

AMELIA RIFQI AZIZAH_21104080027

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Siapa Sangka di Belakang Kampus UPN Veteran Yogyakarta Ada Pasar?

4 April 2024   16:01 Diperbarui: 4 April 2024   16:05 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siapa Sangka di Belakang Kampus UPN Veteran Yogyakarta Ada Pasar?
Sumber Gambar : Dokumen Pribadi

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta atau kerap disebut dengan UPNVYK merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang kampusnya terletak di Yogyakarta. UPNVYK terletak ditengah-tengah keramaian kota Yogyakarta. Kampus ini mudah untuk di akses atau dijangkau dari pusat kota. Akses transportasi untuk menuju kampus ini juga relatif mudah. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dan mahasiswinya untuk melakukan berbagai aktivitas, baik aktivitas akademik maupun aktivitas non akademik.

Nah siapa sangka sekarang dibelakang kampus UPNVKY terdapat pasar? Pasar yang ada di belakang kampus UPNVYK diadakan setiap setahun sekali. Yups, pasar ini merupakan Pasar Ramadhan. Pasar Ramadhan di adakan sekali dalam setahun. Pasar Ramadhan ini ada semenjak setelah covid-19 berakhir. Pasar Ramadhan diadakan selama bulan Ramadhan saja. Pasar Ramadhan buka sejak jam  4 sore hingga setelah maghrib. Pasar Ramadhan ini berada di sepanjang jalan belakang kampus UPNVYK. Dan Pasar Ramadhan nya berada di jalan bagian utara. Adanya Pasar Ramadhan disini merupakan salah satu kegiatan untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan. Masyarakat sekitar sangat antusias ketika adanya Pasar Ramadhan ini. Pasar Ramadhan selalu dinanti -- nanti kehadirannya oleh masyarakat di setiap tahunnya.

Pasar Ramadhan di belakang kampus UPNVYK sangat ramai oleh pengunjung. Lokasi Pasar Ramadhan ini mudah sekali untuk dikunjungi dari kalangan manapun. Sehingga Pasar Ramadhan ini merupakan pilihan yang tepat untuk di datangi. Pasar Ramadhan ini menjual berbagai makanan dan minuman segar yang cocok di konsumsi ketika berbuka puasa. Berbagai takjil dijual di pasar Ramadhan demi memuaskan antusias Masyarakat ketika mengunjungi pasar Ramadhan. Ragam makanan tradisional hingga cepat saji dapat ditemukan di Pasar Ramadhan ini.  Berbagai makanan disini harganya juga tergolong terjangkau. Jadi ketika kita mengunjungi Pasar Ramadhan disini bisa kalap karena makanan dan minuman yang dijual murah dan tentunya juga enak. Bukan tempat untuk ajang berbelanja berbagai macam takjil, namun pasar Ramadhan merupakan tempat untuk ajang berkumpul, bercerita, dan berinteraksi dengan Masyarakat, serta sebagai tempat untuk menambah kehangatan suasana bulan suci Ramadhan.

Untuk menuggu waktu berbuka puasa datang, Pasar Ramadhan disini sangat cocok dijadikan tempat untuk ngabuburit bersama teman atau pasangan. Dengan ngabuburit di Pasar Ramadhan, suasana bulan Ramadhannya akan semakin terasa. Suasana yang ramai akan menambah kemeriahan pasar Ramadhan yang di gelar dan akan menjadikan ngabuburit semakin terasa menyenangkan.   Lokasi pasar ini juga dekat dengan masjid, sehingga dapat berbuka puasa dan dilanjutkan sholat maghrib di masjid dekat pasar Ramadhan nya. Di masjid dekat pasar ramadhan ini juga menyediakan makanan yang dibagikan secara cuma-cuma atau bisa dibilang makanan yang gratis untuk berbuka puasa. Makanan yang diberikan oleh pihak masjid Al-Helmi setiap harinya juga ganti dan tentunya makanan yang disajikan selalu makanan yang lezat dan juga bergizi. Berbagi makanan gratis yang dilakukan oleh pihak masjid Al-Helmi merupakan salah satu kegiatan sosial yang biasa dilakukan sebagai pelayanan kepada jamaah selama bulan suci Ramadhan. Dengan kegiatan-kegiatan seperti ini yang dilaukan di bulan suci Ramadhan, akan mempererat tali silaturahmi dengan jamaah yang lain dan dengan Masyarakat setempat. Jadi, kita dapat membeli berbagai macam jajanan di Pasar Ramadhan kemudian melanjutkan berbuka puasa serta menikmati hidangan yang telah diberikan secara bersama dengan  jamaah lainnya di masjid Al-Helmi.

Pasar Ramadhan di sini diharapkan dapat di gelar pada tahu  tahun berikutnya lagi. Nah jangan sampai anda melewatkan Pasar Ramadhan di belakang kampus UPNVYK sebelum ramadhannya akan berakhir guys!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun