Arie Riandry Ardiansyah
Arie Riandry Ardiansyah Mahasiswa

Suka menulis macem-macem

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Strategi Penting: Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

4 April 2024   03:32 Diperbarui: 4 April 2024   03:38 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Strategi Penting: Menjaga Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik
Sumber gambar : Ilustrasi berangkat mudik/oleh suara.com

Musim mudik telah tiba, dan bersamaan dengan kegembiraan liburan, menjaga keamanan rumah saat ditinggal menjadi perhatian utama. Meskipun pergi berlibur adalah momen untuk bersantai, kekhawatiran tentang rumah yang ditinggalkan sering mengganggu pikiran. Namun, dengan menerapkan beberapa strategi penting, kita dapat meningkatkan keamanan rumah Anda selama masa mudik.

1. Pasang Sistem Keamanan yang Handal

Investasikan dalam sistem keamanan yang andal untuk melindungi rumah kita. Pasang kamera pengawas atau sistem alarm pintar yang dapat memantau aktivitas di sekitar rumah. Dengan demikian, kita dapat mengontrol rumah dari jarak jauh dan merespons secara cepat jika terjadi sesuatu yang mencurigakan.

2. Simulasikan Kehadiran

Membuat kesan bahwa rumah tetap dihuni adalah kunci untuk mencegah kejahatan. Gunakan timer untuk mengatur lampu agar menyala pada waktu tertentu atau pertimbangkan untuk meninggalkan radio atau televisi menyala dengan volume rendah. Hal ini dapat membuat rumah terlihat dihuni dan mengurangi risiko menjadi target kejahatan.

3. Mintalah Bantuan Tetangga atau Keluarga

Bekerjasama dengan tetangga atau keluarga dapat menjadi tambahan lapisan keamanan yang efektif. Minta mereka untuk memeriksa rumah secara berkala, mengambil surat, atau bahkan memarkir mobil di halaman. Selain itu, tetangga yang waspada dapat memberi tahu jika terjadi sesuatu yang mencurigakan di sekitar rumah kita.

4. Jaga Informasi Privasi

Hindari berbagi rencana perjalanan kita secara terbuka di media sosial. Publikasi informasi tentang ketidakhadiran dapat memberi kesempatan bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk menyusun rencana kejahatan. Simpan pengalaman liburan untuk dibagikan setelah kembali, dan pastikan pengaturan privasi kita di platform media sosial telah dikonfigurasi dengan benar.

5. Gunakan Layanan Pengamanan Rumah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun