Asep Nirman
Asep Nirman Mahasiswa

Sedang belajar menjadi jurnalis/penulis

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Hal-Hal yang Harus Dijauhi Saat Puasa Menurut Pengarang kitab Maqhosidus Shiyam

17 Maret 2024   08:17 Diperbarui: 17 Maret 2024   10:22 707
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hal-Hal yang Harus Dijauhi Saat Puasa Menurut Pengarang kitab Maqhosidus Shiyam
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS


1. Wishal (a)

Qoola Abuu Hurairota Radiyallahu anhu aninnabiyi SAW Qoola, Iyyakum wal wishoola (2X) qiila innaka tuwashilu qoola innii abiitu yuth'imunii rabbii wa yusqiini faqfuluu minal amali maa tutfhiquuna (rowahul Bukhari). 



Yang artinya: Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw (diriwayatkan bahwa) beliau bersabda: Jauhilah puasa wishal (bersambung) 2x. Orang-orang berkata: Sesungguhnya engkau melakukan puasa wishal juga. Maka beliau bersabda: Sesungguhnya aku tidur seraya diberi makan dan minum oleh Tuhanku, oleh karena itu kerjakanlah amal perbuatan sesuai kemampuan. (HR. Imam Bukhari).

*
a. Wisal maknanya dengan sengaja meninggalkan makan dan minum di malam hari di antara dua puasa tanpa alasan, sebagaimana yang dikatakannya dalam Syarh al-Muhadhdhab. Dikatakan bahwa kondisi orang yang berpuasa itu kontinyu (terus menerus) , menurut yang kedua dilarang melakukan persetubuhan, muntah-muntah, dan sejenisnya, tetapi tidak (menurut pendapat) yang pertama.  Al-Khattabi berkata: Wishal adalah salah satu ciri yang dibolehkan Rasulullah SAW, dan hukumannya haram karena mirip maknanya yaitu adanya rasa takut. bagi orang yang berpuasa karena lemah dan kehilangan tenaga, sehingga tidak mampu menunaikan kewajiban puasa dan ketaatan lainnya, atau bosan jika ditimpa kesusahan, sehingga menjadi alasan untuk meninggalkannya.

Pastinya, wishal dilarang karena melemahnya tenaga dan musnahnya jasad tanpa ibadah. Adapun Rasulullah SAW, Sekalipun makan dan minumnya nyata di sisi Tuhannya, maka itu tidak termasuk wishal.

Dan melalui makan dan minum, dia mengungkapkan kekuatan hubungannya dengan Tuhan dan kegembiraan berada di dekat-Nya Ini menggantikan makan dan minum untuk menyegarkan tenaganya, dan nyatanya, ini  lebih informatif dari itu Makanan dan minum (a) , dalam sebuah syair

Waqod Shumtu an ladzaatin dahrii kulliha#wayauma liqookum dzaaka fathara shyiyaamii
Wawajadtu wajadtu ladzadzatan laka fil hasya#laisat lima'kuilin walaa masyrubin

Aku berpuasa dari kenikmatan seumur hidupku, dan pada hari aku bertemu denganmu, berbuka puasaku,
dan aku menemukan kenikmatan untukmu di perutku
yang bukan berupa makanan dan minuman.

*
(a) Al-Manawi berkata: Nutrisi hati dan kebahagiaan jiwa lebih besar pengaruhnya dibandingkan nutrisi tubuh dan asybah . Para nabi mempunyai jihat tajrid aspek ta'liq. Mengingat yang pertama, yang mana diberikan kepada mereka dari mabda yang pertama, maka mereka terlindungi dari apa yang menimpa manusia lainnya, seperti kelemahan, lapar, haus, lesu, dan tidak bisa tidur, dan dari mabda kedua, yang dianugerahkan kepada mereka, maka hal itu akan menimpa mereka. Hal ini rupanya karena sesuai dengan gender, sehingga adab syariat dapat diambil dari mereka, jika tidak maka tidak mungkin mereka mengambilnya, karena penampilan luarnya adalah manusia, tertimpa musibah, dan batin merka adalah rabbaniyatun mu'tadiyatun biladzatil munaajat.
Maka tidak ada pertentangan antara apa yang disebutkan di sini dengan pengikatan batu ke perutnya karena rasa lapar yang luar biasa, karena telah ditetapkan bahwa kondisi lahiriah mereka setara dengan gender dan kondisi batin mereka. makhluk-makhluk itu terpisah dari mereka, karena penampakan lahiriah mereka terhadap penciptaan ibarat cermin yang di dalamnya mereka melihat apa yang menjadi hak mereka, dan batin mereka berada dalam tabir gaib di sisi Tuhannya, tidak tertimpa ketidakmampuan manusia, baik kelaparan atau apa pun. Jadi ini koleksinya, mohon maaf, shofwan. Jarang sekali kita melihatnya dikumpulkan dalam sebuah buku, dan hanya sedikit yang terpapar.  Faydul Qadiir (3/123)

2. Mencium istri
Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "telah ada Rasulullah SAW, dia akan datang saat dia berpuasa, dan dia akan mebasyarah  (a) saat dia berpuasa. Wakaana amlakakum li arabihii (b) 


Siapa pun yang sudah tua akan melindungi dirinya dari hasutan nafsu dan kerusakan.
Tidak ada salahnya berpuasa, meskipun ia seorang pemuda yang tidak merasa aman dari puasa tersebut, namun tidak disukai baginya karena apa yang terkandung di dalamnya.
 Mulai dari mengekspos ibadah hingga korupsi dan mempertaruhkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun