Aulia
Aulia Dosen

Menulis untuk kesenangan dan berbagi

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Tips Aman Meninggalkan Rumah ketika Pulang Kampung

4 April 2024   14:52 Diperbarui: 4 April 2024   14:56 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Mudik bukan hanya sekadar perjalanan fisik menuju kampung halaman, tetapi juga sebuah perayaan tradisi dan kebersamaan bersama keluarga. Saat momen spesial ini tiba, keamanan rumah Anda menjadi salah satu hal yang perlu Anda pastikan terjaga dengan baik.Setelah semua persiapan perjalanan selesai, memberikan perhatian ekstra pada keamanan rumah akan memberi kedamaian pikiran selama Anda menikmati waktu berkumpul dengan keluarga di kampung halaman. Berikut adalah beberapa hal yang wajib anda lakukan sebelum meninggalkan rumah.

Siapkan Keamanan fisik

Kunci semua pintu dan jendela dengan hati-hati. Selain sekadar mengunci, pastikan pintu dan jendela tertutup rapat sehingga tidak ada celah yang bisa dimanfaatkan oleh penyusup. Gunakan kunci tambahan seperti gembok untuk memberikan lapisan keamanan ekstra.Pasang kamera pengawas yang canggih. Investasikan dalam kamera pengawas yang dilengkapi dengan teknologi canggih seperti deteksi gerak dan night vision. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memantau rumah dari jarak jauh melalui smartphone atau perangkat lainnya.Pantau secara real-time. Manfaatkan teknologi yang memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas di sekitar rumah secara real-time. Dengan demikian, Anda dapat segera merespons jika terjadi situasi yang mencurigakan.Aktifkan sistem keamanan rumah. Jika Anda memiliki sistem keamanan rumah, pastikan untuk mengaktifkannya sebelum Anda pergi. Berlangganan layanan keamanan rumah yang menyediakan pemantauan 24 jam untuk mendapatkan perlindungan maksimal.Simpan barang berharga di tempat yang aman. Selain brankas atau safety deposit box, pertimbangkan untuk menyimpan barang berharga di tempat yang tidak biasa, seperti dalam kotak makanan di dapur atau dalam tas beras di lemari.

Jaga Penampilan rumah

Ciptakan ilusi keberadaan orang di rumah. Selain mematikan lampu yang tidak perlu, gunakan timer untuk menyalakan dan mematikan lampu secara acak. Ini akan memberikan ilusi bahwa ada orang di rumah meskipun sebenarnya tidak ada.Bersihkan halaman dan taman. Jika memungkinkan, bersihkan halaman dan taman sebelum Anda pergi. Rumput yang dipotong dan taman yang terawat akan memberikan kesan bahwa rumah dijaga dengan baik.Surat dan koran. Beri tahu layanan pos dan surat lokal bahwa Anda akan pergi untuk sementara waktu sehingga mereka tidak mengirimkan surat atau koran ke rumah Anda. Surat atau koran yang menumpuk di depan pintu adalah tanda yang jelas bahwa rumah sedang kosong.Beri tahu tetangga yang tepercaya. Beri tahu tetangga yang dekat dengan Anda bahwa Anda akan pergi untuk sementara waktu. Mereka dapat membantu menjaga rumah Anda dengan memantau aktivitas di sekitar rumah.Menitipkan rumah tetangga dekat yang tidak mudikJika Anda memiliki tetangga yang tidak merencanakan untuk mudik, ajak mereka untuk saling menjaga rumah satu sama lain. Mintalah mereka untuk memantau aktivitas di sekitar rumah Anda dan memberi tahu Anda jika ada yang mencurigakan.Serahkan kunci cadangan rumah Anda kepada tetangga yang dekat dan tepercaya. Hal ini akan memudahkan mereka untuk mengakses rumah Anda dalam keadaan darurat atau jika diperlukan.Buatlah pesan tertulis dengan tetangga yang tidak mudik tentang tugas dan tanggung jawab mereka dalam menjaga rumah Anda. Jelaskan secara jelas apa yang diharapkan dari mereka dan berikan kontak darurat yang bisa dihubungi jika terjadi sesuatu.

Berkomunikasi dengan pak RT atau pak RW. Laporkan rencana mudik Anda kepada pak RT atau pak RW. Beri tahu pak RT atau pak RW setempat tentang rencana Anda untuk mudik. Minta mereka untuk memantau situasi di sekitar rumah Anda dan memberi tahu Anda jika ada hal yang mencurigakan.

Minta bantuan dalam pemantauan keamanan. Ajak pak RT atau pak RW untuk membantu memantau keamanan rumah Anda selama Anda pergi. Mereka biasanya memiliki jaringan komunikasi yang luas dengan tetangga sekitar dan dapat memberikan informasi yang berharga jika terjadi sesuatu.Jika tinggal di cluster, titip pesan ke penjaga. Berkomunikasi dengan penjaga cluster. Jika Anda tinggal di cluster atau perumahan yang memiliki penjaga keamanan, titipkan pesan kepada mereka tentang rencana Anda untuk mudik. Beri tahu mereka kapan Anda akan pergi dan kapan Anda diperkirakan akan kembali.Minta penjaga untuk memantau rumah Anda. Mintalah penjaga untuk memantau keamanan rumah Anda selama Anda tidak ada di tempat. Berikan instruksi kepada mereka tentang apa yang perlu mereka perhatikan dan tindakan yang harus mereka ambil jika terjadi sesuatu.Dengan melibatkan tetangga, pak RT atau pak RW, serta penjaga keamanan cluster, Anda dapat meningkatkan keamanan rumah Anda saat meninggalkan rumah untuk mudik. Kolaborasi ini akan memberikan perlindungan tambahan dan memberikan Anda ketenangan pikiran selama Anda berada di luar kota.

Catatan penting

Jaga privasi di media sosial jika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Hindari membagikan informasi terlalu detail tentang rencana mudik Anda di media sosial. Pencuri dapat memanfaatkan informasi ini untuk merencanakan tindakan kejahatan.Tips tambahan

Pasang lampu sensor gerak. Pasang lampu sensor gerak di sekitar rumah untuk menyalakan lampu secara otomatis jika ada gerakan yang terdeteksi di malam hari. Ini akan membuat potensi pencuri merasa terganggu dan meningkatkan keamanan rumah.Lakukan perawatan rutin. Sebelum Anda pergi, pastikan untuk melakukan perawatan rutin pada rumah seperti memeriksa pipa air dan sistem listrik. Ini akan membantu mencegah terjadinya kerusakan atau kebocoran yang bisa merusak rumah Anda.Berlangganan layanan keamanan. Pertimbangkan untuk berlangganan layanan keamanan rumah yang menyediakan pemantauan 24 jam. Layanan ini dapat memberikan perlindungan ekstra dan memberikan Anda ketenangan pikiran selama Anda pergi.Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meninggalkan rumah dengan aman dan tenang saat mudik. Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan rumah tetap aman selama Anda berada di luar kota!

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun