Arkeotainmen, museotainmen, astrotainmen, dan sportainmen. Memiliki blog pribadi https://hurahura.wordpress.com (tentang arkeologi) dan https://museumku.wordpress.com (tentang museum)
Masjid Kudus, Bukti Toleransi Beragama Sejak Sunan Kudus Sampai Sekarang
Toleransi beragama sebenarnya terjadi sejak lama. Kita bisa saksikan di kompleks Candi Prambanan. Di sana ada dua kelompok candi besar. Kelompok Hindu diwakili Candi Prambanan, lalu kelompok Buddha diwakili Candi Sewu. Ratusan tahun lalu masyarakat Hindu dan Buddha hidup berdampingan dengan rukun.
Pada masa yang lebih muda, kerukunan beragama terlihat pada Masjid Menara Kudus, yang kadang disebut Masjid Kuno Kudus atau Masjid Kudus. Masjid Kudus terletak di Kelurahan Kauman, Kudus (Jawa Tengah). Pada bulan Ramadhan banyak peziarah datang ke sini.
Masjid ini didirikan oleh Sunan Kudus atau Sayyid Ja'far Shadiq Azmatkhan pada 956 Hijriah atau 1549 Masehi. Tarikh itu terdapat pada inskripsi batu berbahasa Arab yang terletak di atas mihrab masjid. Inilah data arkeologis pertama.
Prasasti itu antara lain menyebutkan tentang peringatan pendirian Masjid Menara yang diberi nama Masjid Al Aqsha di Kota Al Quds. Kata Al Quds yang berarti suci inilah yang kemungkinan diucapkan menurut lidah Jawa menjadi Kudus.
Menurut laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, data arkeologis lain yang diperkirakan berusia lebih tua dibandingkan Masjid Menara adalah Masjid Langgar Dalem. Berdasarkan sengkalan memet yang dibaca trisula pinulet naga diperkirakan masjid Langgar Dalem didirikan pada 863 H atau 1458 M. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa pemukiman bercorak muslim sudah ada sejak abad ke-15 Masehi.
Sunan Kudus merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam. Beliau tergabung dalam Wali Songo atau Wali Sembilan.
Toleransi beragama
Kompleks Masjid Menara Kudus terdiri atas masjid dan makam. Menurut pengamatan para arkeolog, bentuk menara seperti itu mirip Candi Jago di Jawa Timur. Bahkan ada yang menyebut mirip Bale Kulkul atau bangunan penyimpan kentongan di Bali. Di dalam kompleks ada pintu berbentuk Paduraksa, yakni bangunan berbentuk gapura yang memiliki atap. Ada lagi Candi Bentar, yakni bangunan berbentuk gapura tanpa atap. Masyarakat sekitar menyebutnya lawang kembar.
Bangunan menara terbagi atas 3 bagian, yakni kaki, badan, dan pucak bangunan. Konsep 3 bagian dikenal pada bangunan Hindu dan Buddha. Banyak antefiks menghiasi bangunan masjid. Antefiks adalah hiasan menyerupai bukit kecil yang hampir selalu terdapat pada candi.
Di kompleks masjid ada delapan pancuran untuk wudhu. Di atas pancuran itu diletakkan arca. Jumlah delapan pancuran konon mengadaptasi keyakinan Buddha, yakni Delapan Jalan Kebenaran atau Asta Sanghika Marga.