Dwi Aprilytanti Handayani
Dwi Aprilytanti Handayani Administrasi

Alumni Danone Digital Academy 2021. Ibu rumah tangga anak 2, penulis konten freelance, blogger, merintis usaha kecil-kecilan, hobi menulis dan membaca Bisa dihubungi untuk kerjasama di bidang kepenulisan di dwi.aprily@yahoo.co.id atau dwi.aprily@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran

4 April 2024   10:59 Diperbarui: 4 April 2024   11:10 201
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik Lebaran
Tips Agar Rumah Aman di Musim Libur Lebaran, Pixabay (Pexels)

Berita kriminal semakin menggila. Entah mengapa setiap kali mendekati hari raya angka kriminalitas meningkat pesat. Perampokan dengan pembunuhan, curanmor, penipuan di dunia maya, ditambah pencopetan, jambret yang kian meraja lela menimbulkan was-was di dalam dada. Kira-kira aman nggak nih rumah ditinggal mudik lebaran?

Tetangga depan rumah saya beberapa waktu lalu kecurian motor. Padahal pagar rumah digembok, motor dikunci ganda. Di perumahan kami juga dilengkapi CCTV di tiap ujung gang dan di sekitar masjid. Satpam ada tiga orang yang bergantian bertugas dalam tiga shift, tetapi masih sering terdengar berita pencurian. Sebagwai warga harus extra waspada dan berupaya segala cara agar rumah dan isinya aman terjaga.

Sebagian besar warga perumahan biasanya adalah orang rantau. Setiap lebaran berupaya untuk bisa mudik ke kampung halaman. Sebagian lagi menghabiskan waktu liburan dengan berlibur untuk menikmati quality time bersama keluarga. Jadilah perumahan sepi ditinggalkan sebagian warganya selama masa libur panjang hari raya.

Bagaimana tips melindungi rumah dan isinya agar aman saat ditinggal libur lebaran? Berikut adalah langkah-langkah pengamanan tempat tinggal selama ditinggal mudik lebaran:

1. Hindari menyimpan terlalu banyak uang tunai dan barang berharga

Lebih baik menyimpan uang di bank dan tidak terlalu banyak uang tunai yang tertinggal di dalam rumah. Jika ada barang berharga akan lebih aman disimpan di dalam safe box atau dititipkan di pegadaian. Banyak orang memilih menggadaikan barang berharga menjelang lebaran bukan karena butuh pinjaman, namun merasa barang berharganya lebih aman dititipkan di pegadaian selama libur panjang lebaran. Andai muncul biaya saat menebus bisa dianggap sebagai ongkos titip barang.

2. Kunci ganda motor, pasang alarm mobil

Pasang kunci ganda untuk motor dan jika perlu pasang rantai roda, kaitkan ke tiang atau barang berat lain sehingga motor sulit dibobol/diembat (calon) pencuri. Bagi yang mobilnya tidak digunakan untuk mudik dan diparkir di garasi pastikan alarm mobil berbunyi jika pintu dibuka paksa. Tapi tetap bijak memilih alarm mobil, ada jenis alarm yang terlalu sensitif terhadap gerakan. Khawatirnya tikus lewat aja terdeteksi sehingga alarm mobil otomatis berbunyi

3. Gembok pagar dengan gembok yang sulit dibuka

Pilih gembok pagar yang tidak pasaran, setidaknya yang butuh waktu untuk membuka. Namun pastikan sebagai pemilik rumah tidak kesulitan saat perlu membukanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun