Febria Adha Larasati
Febria Adha Larasati Mahasiswa

tidak dapat dideskripsikan, biarkan orang lain yang menilai

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Membangun Kebahagiaan lewat Festival Ramadan Jiwa Sehat di Panti Rehab

4 April 2024   02:26 Diperbarui: 4 April 2024   02:32 196
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Membangun Kebahagiaan lewat Festival Ramadan Jiwa Sehat di Panti Rehab
foto: Febria Adha Larasti/Kontributor

BOGOR -- Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa kembali menggelar Festival Ramadan Jiwa Sehat dengan tema "Ramadan Berkarya Bersama Pasien Disabilitas Mental". Agenda ini dilakukan bekerja sama dengan beberapa Yayasan Panti Rehab Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Bekasi dan Bogor dengan rangkaian waktu pelaksanaan dari tanggal 26-28 Maret 2024. 

Pada Kamis (28/03/2024) atau 18 Ramadan 1445 Hijriyah, Festival Ramadan Jiwa Sehat dilaksanakan di Yayasan Darul Miftah Mulia (YDMM), Ciseeng, Bogor. Kegiatan diisi dengan beberapa perlombaan antarpasien, di antaranya lomba azan, hafalan surat pendek, dan cerdas cermat. Setelah perlombaan, dilanjut dengan tausiyah oleh Ustaz Ruswanto dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

Tausiyah bersama Ustadz Ruswanto setelah perlombaan antar pasien (Febria Adha Larasati/kontributor).
Tausiyah bersama Ustadz Ruswanto setelah perlombaan antar pasien (Febria Adha Larasati/kontributor).

Mustaki selaku Manager Program LPM Dompet Dhuafa menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari program Pembinaan Disabilitas Mental yang ada di LPM Dompet Dhuafa. "Kami bersama yayasan panti rehab terus menjalin kolaborasi dalam membantu mereka yang sedang dalam proses pemulihan. dengan adanya beragam kegiatan positif semoga bisa menghadirkan kebahagiaan dan kesehatan bagi jiwa mereka" jelasnya.

Lanjut,menurut salah satu relawan Dompet Dhuafa, Irawan mengaku tidak ada kendala saat melaksanakan agenda ini karena yang santri di sini kondusif dan Dompet Dhuafa juga memfasilitasi acara dengan baik. "Dengan begitu bisa memperkenalkan Dompet Dhuafa kepada mereka," jelas Irawan.

Menu berbuka dibagikan untuk peserta sambil menunggu buka bersama (Febria Adha Larasati/kontributor).. 
Menu berbuka dibagikan untuk peserta sambil menunggu buka bersama (Febria Adha Larasati/kontributor).. 

Asep Sofyan, salah satu petugas di YDMM mengakui sangat terbantu dengan adanya program ini sehingga para pasien bisa berkumpul untuk mengisi kegiatan bersama. 

Selaras dengan Asep, Ahmad, salah satu pasien mengaku senang mengikuti agenda tersebut. Dengan begitu, dirinya ikut memeriahkan acara dengan mengikuti lomba adzan.

Kegiatan Festival Ramadan untuk mengisi waktu luang pasien di bulan Ramadan membuat mereka dapat mengingat kembali nilai-nilai Islam di kehidupan mereka. Juga, membangun tali persaudaraan antar pasien lebih erat dan berarti.(LPM/Febria/Ray)

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun