dafit
dafit Freelancer

Hutan, gunung, sawah, lautan

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Mengoptimalkan Komunikasi: Kunci Menjaga Silaturahmi di Bulan Ramadan

4 April 2024   14:15 Diperbarui: 4 April 2024   14:22 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mengoptimalkan Komunikasi: Kunci Menjaga Silaturahmi di Bulan Ramadan
freepik

Di tengah kesibukan menjalankan ibadah, kita sering lupa betapa pentingnya komunikasi dalam memelihara tali silaturahmi. Ramadan adalah saat yang tepat untuk memperdalam ikatan sosial melalui komunikasi yang bermakna.Dalam bulan suci ini, setiap kata memiliki bobot yang lebih besar. Komunikasi yang dipenuhi dengan doa dan kebaikan dapat menjaga silaturahmi tetap erat. Mendengarkan dengan penuh perhatian, berbicara dengan lembut, dan menyampaikan ucapan terima kasih adalah langkah-langkah kecil yang dapat memperkuat hubungan sosial.

Namun, tidak hanya komunikasi langsung yang penting. Di era digital ini, media sosial juga dapat menjadi alat yang kuat untuk menjaga silaturahmi. Dengan memanfaatkan platform online, kita dapat saling mengirimkan pesan dukungan, berbagi kebahagiaan, dan menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilan sesama.

Namun demikian, kita juga harus berhati-hati dalam menggunakan teknologi ini. Sebaiknya kita menghindari konten yang dapat memicu konflik atau perpecahan, dan selalu mengedepankan nilai-nilai kebaikan dalam setiap interaksi online.

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengoptimalkan komunikasi guna menjaga dan mempererat tali silaturahmi. Dengan memahami pentingnya komunikasi yang baik, kita dapat memperkokoh hubungan sosial dalam spirit kebersamaan dan saling mendukung. Semoga Ramadan kali ini menjadi momentum bagi kita semua untuk memperdalam ikatan sosial yang berarti.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun