Laily
Laily Penulis

Seorang ibu rumah tangga yang gemar menulis dan fotografi

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Diam-diam Berprestasi

1 Mei 2023   08:01 Diperbarui: 1 Mei 2023   08:02 623
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diam-diam Berprestasi
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Prestasi adalah sesuatu hal yang membanggakan dan membahagiakan seorang manusia. Prestasi seseorang dapat dinilai dari parameter kualitas maupun kuantitas. 

Seseorang yang memiliki prestasi umumnya bangga dan tak jarang mengumumkannya sebagai bentuk rasa syukur dan kebahagiaan atas capaiannya. 

Namun, bagaimana jika ada sekelompok orang yang tidak selalu mengumumkan prestasinya bahkan menyimpan prestasinya dan hanya diketahui orang-orang terdekatnya saja. 

Hal ini mungkin berbeda dengan kebiasaan yang ada di masyarakat, ada namun tak banyak orang seperti itu. Diam-diam berprestasi seperti ungkapan peribahasa "Diam-diam menghanyutkan", tak banyak bicara mengenai capaiannya namun "Mahal" kualitasnya. 

Diam-diam berprestasi bagi sebagian orang yang menganut value ini bukan berarti sombong, namun merasa belum seberapa prestasi yang dicapainya, perasaan belum seberapa ini disebabkan merasa dirinya hanya seorang manusia biasa yang alhamdulillah dikasih rezeki berupa prestasi meskipun bukan prestasi yang ujug-ujug ataupun instan. 

Maka tak jarang orang-orang yang diam-diam berprestasi adalah orang yang tak banyak bicara terkesan polos tapi ternyata menyimpan banyak kelebihan dan prestasi yang mungkin tak dimiliki orang lain. 

Orang-orang yang diam berprestasi dan mahal tak banyak ditemukan di era branding saat ini. Dimana orang-orang sibuk branding DNA framing menceritakan kehebatan dirinya sendiri. 

Maka ketika bertemu Orang-orang yang diam-diam berprestasi ibarat menemukan emas yang berada di dasar lautan, mahal dan berkelas. Tak heran ketika orang-orang yang diam-diam berprestasi sudah bicara banyak orang tercerahkan dan terinspirasi karena dari setiap ucapannya adalah ilmu ataupun pengalaman hidup yang bisa dijadikan bekal untuk mengikuti jejak kesuksesannya. 

Karena ilmunya tidak diobral dan tak semua orang bisa mendapatkannya, orang yang diam-diam berprestasi tahu kapan dan dimana dirinya harus bicara dan bersikap. 

Terkesan mahal namun itulah berlian yang tidak semua orang bisa menemukannya. 

Bila bertemu dengan orang-orang yang diam-diam berprestasi, antusias dan bersemangatlah karena ilmu yang dibagikannya tidaklah murah dan mudah namun berbobot yang dikemas dalam perbincangan ringan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun