Jujun Junaedi
Jujun Junaedi Lainnya

Kabar dari Bandung || Apabila engkau telah selesai dari sesuatu urusan, tetaplah bekerja keras untuk urusan yang lain (QS 94:7)

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

10 Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

4 April 2024   05:27 Diperbarui: 4 April 2024   05:30 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
10 Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik
10 Tips Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik (Foto: Dok. Pribadi)

Tinggal menghitung hari Ramadan akan segera pergi. Ramadan pun akan berganti menjadi Syawal, ini menandakan bahwa hari kemenangan yakni hari raya Idul Fitri atau populer dengan sebutan Lebaran akan segera tiba.

Saat momen Lebaran, di Indonesia ada kebiasaan unik yaitu mudik, di mana masyarakat yang tinggal di kota atau yang sedang merantau kembali pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga merayakan hari kemenangan.

Tentu, saat mudik pastikan semuanya aman, baik kondisi diri ataupun keadaan rumah yang akan ditinggalkan. Berikut 10 tips sederhana agar rumah aman saat ditinggal mudik.

1. Copot Selang Kompor Gas
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan sebelum mudik, selang regulator kompor gas copot terlebih dahulu dari tabung yang masih ada isi gasnya.

2. Matikan Lampu yang Tak Perlu
Saat mudik Lebaran matikan lampu yang dianggap tidak perlu. Cukup sisakan beberapa lampu untuk nyala. Pilih titik lampu mana saja agar tetap menyala. Biasanya lampu yang tetap menyala adalah bagian teras depan, belakang dan dapur.

3. Periksa Kondisi Kran Air
Terkadang kondisi kran air terabaikam saat hendak mudik. Untuk itu, periksa dahulu apakah kondisi kran di rumah kita sudah tertutup dengan baik. Jika belum, maka tutup dengan rapat semua kran air yang ada di rumah kita.

4. Cabut Colokan Listrik
Tidak semua colokan listrik harus tetap menempel pada stop kontak. Maka, untuk mengindari hal yang tidak diinginkan dan tetap menghemat energi supaya colokan listrik yang tidak prioritas untuk dicabut.

5. Amankan Barang Berharga
Untuk keamanan, agar barang-barang berharga, seperti surat-surat berharga, perhiasan termasuk uang tidak disimpan sembarangan. Bisa menyimpan barang-barang tersebut, di tempat rahasia yang sudah disiapkan sebelumnya.

6. Kunci Semua Pintu dan Jendela
Pintu dan jendela adalah sebuah tempat keluar masuk seseorang ke dalam rumah. Untuk keamanan di saat bepergian, pastikan kembali bahwa semua pintu dan jendela telah tertutup rapat dan sudah dikunci.

7. Menitipkan Rumah ke Tetangga
Memberi tahu kepada tetangga bahwa kita akan melakukan mudik adalah sikap yang baik dan terpuji karena tetangga akan merasa dihargai dengan sikap dan adab kita. Kalaupun mereka dititipi rumah dengan lisan yang baik, kiranya akan menerimanya dengan baik.

8. Membersihkan Rumah
Sebelum mudik sebaiknya membersihkan rumah terlebih dahulu, terutama membersihkan dan tidak meninggalkan sisa makanan di sembarang tempat. Hal ini, untuk menjaga agar kondisi rumah tetap segar. Terkadang sisa makanan yang dibiarkan begitu saja akan mengundang hewan yang akan mengusik, seperti semut, kecoa atau tikus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun