Keyla Salsabila
Keyla Salsabila Full Time Blogger

Untuk Melihat Lebih Detail Silakan ke https://www.freefire.id

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Apakah Boleh Mandi Wajib di Siang Hari Saat Puasa

4 April 2024   15:08 Diperbarui: 4 April 2024   15:11 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apakah Boleh Mandi Wajib di Siang Hari Saat Puasa
Apakah Boleh Mandi Wajib di Siang Hari Saat Puasa (Sumber Gambar : Arifin Hafizhahullah)

Di bulan Ramadan, umat Muslim menjalankan ibadah puasa sebagai bagian penting dari praktik keagamaan mereka. Selama periode ini, terdapat serangkaian aturan dan aturan yang harus diikuti, yang dirancang untuk menguatkan spiritualitas, pengendalian diri, dan ketaatan kepada Allah SWT. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah boleh mandi wajib di siang hari saat puasa.

Mandi Wajib dan Puasa

Mandi wajib (mandi junub) adalah mandi besar yang diwajibkan bagi individu Muslim setelah melakukan aktivitas tertentu yang membuatnya berada dalam keadaan junub, seperti berhubungan intim atau mimpi basah. Mandi ini dilakukan untuk membersihkan diri secara spiritual sebelum beribadah, seperti shalat atau membaca Al-Qur'an.

Hukum Mandi Wajib Saat Puasa

Dalam konteks puasa Ramadan, ada beberapa pandangan dari ulama tentang boleh tidaknya mandi wajib di siang hari saat puasa:

  1. Boleh Mandi Wajib: Beberapa ulama berpendapat bahwa mandi wajib tidak membatalkan puasa. Dalam konteks ini, jika seseorang harus mandi wajib di siang hari karena alasan tertentu, seperti setelah berhubungan intim atau mandi karena kebersihan, mereka diizinkan untuk melakukannya tanpa membatalkan puasa mereka. Argumen yang digunakan adalah bahwa mandi wajib bukanlah aktivitas yang berkaitan dengan memakan atau minum yang secara langsung dapat membatalkan puasa.

  2. Tidak Disarankan Mandi Wajib: Ada ulama yang lebih berhati-hati dan menyarankan agar orang berusaha menghindari mandi wajib di siang hari saat puasa, kecuali jika sangat dibutuhkan. Mereka berpendapat bahwa melakukan tindakan yang bisa membatalkan wudhu atau menurunkan kadar air dalam tubuh seperti mandi wajib dapat melemahkan kekuatan dalam menjalankan puasa.

Kesimpulan

Dalam Islam, keseimbangan antara menjaga kebersihan fisik dan menjalankan kewajiban agama seperti puasa sangat dihargai. Oleh karena itu, jika seseorang membutuhkan mandi wajib di siang hari saat puasa karena alasan tertentu, seperti kebersihan, mereka diizinkan melakukannya. 

Namun, penting untuk diingat bahwa tujuan utama dari puasa adalah pengendalian diri, kesadaran spiritual, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Oleh karena itu, sebaiknya berhati-hati dan memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan mandi wajib agar tidak melemahkan semangat dan kesungguhan dalam menjalankan ibadah puasa. Terakhir, konsultasikan dengan ulama atau cendekiawan agama jika terdapat keraguan atau pertanyaan lebih lanjut tentang hal ini.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun