Oktavia Wijaya
Oktavia Wijaya Freelancer

Travel Enthusiast🍃 □ 📝 www.aivatko.com □📷www.instagram.com/oktaav

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Artikel Utama

Lebaran Gak Pake Baju Baru, Why Not?

13 Maret 2024   12:18 Diperbarui: 14 Maret 2024   09:31 1982
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lebaran Gak Pake Baju Baru, Why Not?
@withkrem

Hari Raya Idul Fitri atau sering kita sebut 'Lebaran' adalah momen dimana kita merayakan usainya bulan Ramadan setelah satu bulan lamanya berpuasa. Di momen tersebut, ada beberapa tradisi mulai dari membuat ketupat, opor ayam, membuat kue lebaran, bersilaturahmi, hingga tradisi membeli baju baru untuk lebaran. Memangnya, membeli baju lebaran itu tradisi atau sekedar impulsifnya masyarakat sih?

Ternyata, membeli baju lebaran merupakan sebuah tradisi yang sudah ada sejak jaman Kolonial Belanda di awal abad ke-20. Meski tren ini sempat menurun sejak penjajahan Jepang, tetapi saat Indonesia merdeka tradisi ini terus berlanjut bahkan hingga sekarang.

Tapi saat ini sebagian kecil masyarakat sudah bisa membuat tradisi membeli baju labaran ini menjadi sebuah pilihan. Dan sebenarnya, pakaian baru di hari raya itu bukanlah suatu kewajiban. 

Tapi, momen bersilaturahmi dan bertemu dengan sanak saudara ini membuat orang juga tetap ingin terlihat berbeda atau pangling. Membeli baju baru merupakah salah satu cara, tapi bukan satu-satunya cara.

Sebenarnya, kamu bisa membongkar isi lemari dan memilah-milah pakaian yang bisa kamu kenakan di hari raya. Tidak perlu baru, tetapi bisa fresh saat dipakai. Bagaimana caranya?

Gunakan Hair Do yang Berbeda dari Biasanya

Gak cuma ngandelin baju baru, kamu bisa pakai baju yang ada dan mengubah gaya rambut atau gaya hijab kamu supaya tampil pangling. Sesuaikan juga dengan pakaian yang kamu pilih supaya gak kelihatan too much atau malah kebanting sama baju yang kamu pakai.

Tambahkan Detail di Pakaian

Jika sebelumnya kamu punya pakaian yang polos, kamu bisa tambahkan detail seperti manik-manik, pita, atau bordir di pakaian lama kamu. Detail-detail tersebut bisa bikin pangling dan serasa punya pakaian baru.

@arekorekawaii
@arekorekawaii

Mix and Match dengan Outer

Outer juga bisa bikin fresh penampilan kamu di hari raya. Kamu bisa tambahin vest, blazzer, atau long outer, disesuaikan sama baju yang kamu pakai.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun