Rihan febriadi
Rihan febriadi Lainnya

seorang mahasiswa aisyiyah yogyakarta semester dua

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Yang Hilang saat Ramadhan?

4 April 2024   10:42 Diperbarui: 4 April 2024   11:02 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Yang Hilang saat Ramadhan?
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Selama bulan Ramadhan, ada beberapa perubahan dan aktivitas yang umumnya berkurang atau dihilangkan dalam kehidupan sehari-hari:

Makanan dan Minuman: Selama waktu puasa, umat Muslim menahan diri dari makan dan minum mulai dari fajar (sebelum terbitnya matahari) hingga terbenamnya matahari setiap hari. Ini berarti sarapan pagi dan makan siang dihilangkan, dan waktu makan hanya terjadi setelah berbuka puasa pada waktu Maghrib.

Merokok dan Minuman Beralkohol: Banyak umat Muslim yang merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol juga memilih untuk menghentikan kebiasaan ini selama bulan Ramadhan, sebagai bagian orang meningkatkan ketaqwaan.

Perilaku Buruk: Ramadhan juga dianggap sebagai waktu untuk meningkatkan kesadaran akan perilaku dan tindakan seseorang. Oleh karena itu, banyak orang berusaha untuk menghindari perilaku buruk seperti mengumpat, berbohong, atau bertengkar selama bulan ini.

Hiburan Dunia: Fokus umat Muslim sering kali beralih dari hiburan duniawi seperti menonton televisi, bermain game, atau menghabiskan waktu di media sosial ke aktivitas yang lebih rohani seperti membaca Al-Qur'an, berzikir, atau menghadiri kegiatan keagamaan.

Waktu Tidur: Kadang-kadang, umat Muslim akan tidur lebih sedikit selama bulan Ramadhan karena bangun lebih awal untuk sahur dan memperpanjang ibadah malam seperti shalat Tarawih.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun