Suniah Afrezha
Suniah Afrezha Mahasiswa

Memiliki hobi menulis.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Menyulam Makna Ramadhan dengan Kehafidzan, Kecintaan, dan Persaudaraan di Universitas Islam 45 Bekasi

1 Mei 2023   00:04 Diperbarui: 1 Mei 2023   00:05 466
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menyulam Makna Ramadhan dengan Kehafidzan, Kecintaan, dan Persaudaraan di Universitas Islam 45 Bekasi
Sumber: Dokumen Pribadi

Bekasi (30/04)-- Bulan ramadan merupakan momen yang sangat penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Dalam bulan suci ini, umat Muslim berpuasa dan memperbanyak ibadah. Tidak hanya itu, kegiatan Ramadan juga menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antara sesama umat Muslim. Salah satu universitas yang turut mengadakan kegiatan Ramadan adalah Universitas Islam 45 Bekasi.

Universitas Islam 45 Bekasi merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang berada di Kota Bekasi, Jawa Barat, Indonesia. Sebagai universitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam, Universitas Islam 45 Bekasi tidak hanya fokus pada pendidikan akademis, tetapi juga memberikan perhatian khusus pada kegiatan keagamaan, termasuk kegiatan Ramadan. Setiap tahunnya, Universitas Islam 45 Bekasi mengadakan kegiatan Ramadan yang diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan seluruh civitas akademika. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta mempererat tali silaturahmi antara sesama umat Muslim.

Berbagai kegiatan diadakan dalam kegiatan Ramadan di Universitas Islam 45 Bekasi, seperti pengajian, kajian agama, buka puasa bersama, pesantren ramadhan, bersih-bersih Masjid, kajian dan kultum Ba'da Zuhur, tadarus serta shalat fardu hingga shalat tarawih. Selain itu, juga diadakan perlombaan yang bertujuan untuk mengasah kreativitas dan talenta mahasiswa, seperti lomba tilawah Al-Quran atau biasa disebut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Bulan Ramadan tidak hanya menjadi momentum untuk meningkatkan ibadah puasa, tetapi juga menjadi waktu yang tepat untuk memperdalam pemahaman dan keterampilan dalam mempelajari Al-Quran. Universitas Islam 45 Bekasi, sebagai lembaga pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, secara konsisten menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sebagai bagian dari perayaan Ramadan. Tahun ini, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) diselenggarakan pada hari Rabu, 12 April 2023 serta peserta yang mengikuti lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sebanyak 25 orang, terdiri dari Pelajar dan Mahasiswa. Tidak hanya pesertanya berasal dari latar belakang yang berbeda, pemenang lomba tersebut juga dibedakan menjadi beberapa jenjang diantaranya, yaitu:

Pelajar Putri
1. Juara Pertama, yaitu bernama Alfi Risni berasal dari SMAN 1 Babelan
2. Juara Kedua, yaitu Rismawati berasal dari SMK Al-Muhtadin
3. Juara Ketiga, yaitu Nadia Putri berasal dari SMAN 1 Babelan.

Pelajar Putra
1. Juara Pertama, yaitu Faezya berasal dari MA PIM 03
2. Jara Kedua, yaitu M. Ardianto berasal dari SMIT Daarutraubah

Mahasiswi
1. Nazriyah
2. Gusti Ferawati
3. Ana Maulidina

Mahasiswa
1. Fajri Faturrahman
2. Mukhlis
3. Gunawan

Salah satu hal yang menjadi MTQ bulan Ramadhan tahun ini sangat menarik yaitu Dewan Juri Lomba MTQ yang memiliki latar belakang yang luar biasa, diantaranya Dewan Juri yang bernama Farhan Muhammadi, S.Pd. beliau merupakan Juara 1 MTQ Internasional di Maroko tahun 2022 serta ada Dewan Juri wanita bernama Syah Gina Rahmi Lubis, S. H., M. H., beliau merupakan Juara 1 MTQ antar Perguruan Tinggi tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2010. Ada hal menarik lainnya di perlombaan MTQ tahun ini, yaitu Hadiah kepada para juara pemenang MTQ. Hadiahnya berupa Dua Goodie Bag, Satu Bantal, Piala serta Uang Tunai. MTQ di universitas ini menjadi suatu kewajiban yang harus dilaksanakan setiap bulan Ramadhan serta dapat menjadi wadah yang penting untuk menggali potensi kehafizhan dan kecintaan terhadap Al-Quran.

Tidak hanya itu, Universitas Islam 45 Bekasi juga mengadakan kegiatan sosial selama bulan Ramadan. Salah satu kegiatan sosial yang diadakan adalah pembagian paket takjil buka puasa selama satu bulan kepada masyarakat sekitar kampus dan pemberian santunan anak Yatim dan Duafa. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat yang kurang mampu dan juga sebagai wujud kepedulian sosial dari universitas.

Melalui kegiatan Ramadan yang diadakan oleh DKM Al-Fatah Universitas Islam 45 Bekasi, diharapkan dapat membawa manfaat bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat sekitar kampus. Kegiatan ini juga menjadi wujud nyata dari nilai-nilai Islam yang mengajarkan tentang persaudaraan, kepedulian sosial, dan keimanan yang kuat.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun