Born in Semarang, travel-food-hotel writer. Movies, ICT, Environment and HIV/AIDS observer. Email : sutiono2000@yahoo.com, Trip Advisor Level 6 Contributor.
Tips Berburu Promo Ramadan
Hampir sepanjang tahun, bagian pemasaran perusahaan fashion maupun peralatan elektronik, pokoknya barang konsumtif, selalu menggelar promosi sepanjang tahun.
Diawali dari New Year Sale, Imlek Sale, Valentine Sale, Mid Year Sale, Merdeka Sale, Christmas Sale, End Year Sale, dan tentu tidak ketinggalan Ramadhan Sale. Makin panjang waktunya, bagi bagian pemasaran tentu lebih menguntungkan. Jadi Ramadan Sale selama satu bulan lebih menguntungkan daripada Valentine Sale yang hanya satu hari saja, sehingga sering dipaksakan menjadi satu minggu.
Bahkan sekarang sering ditambah dengan tanggal ganda, seperti 2 February (2-2), 3 Maret (3-3) yang puncaknya terjadi pada 10 Oktober (10-10), 11 November (11-11) dan 12 December (12-12) dan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).
Mdmang promosi ini kesempatan terbaik, bagi perusahaan untuk mempercepat penjualan persediaan lama, maupun memperkenalkan produk baru.
Mereka bisa menggunakan gimmick 'sale', promo, cuci gudang, obral, diskon khusus dan lain-lain yang pada prinsipnya merangsang orang untuk berperilaku konsumtif.
Memang benar, ada kalanya membeli saat promosi harga diturunkan. Tetapi tidak selalu. Bahkan pernah dinaikkan dulu baru didiskon. Karena tujuannya memang untuk membentuk persepsi, bahwa membeli saat promosi pasti lebih menguntungkan.
Menurut kebiasaan, Lebaran sebagai puncak pada bulan Ramadan, warga membeli baju baru. Kebiasaan ini yang dimanfaaatkan bagian pemasaran. Dengan memainkan persepsi kita.
Untuk mengatasi hal ini, kita harus waspada, terlebih bila kita bukan tergolong orang kaya.
Tips berbelanja saat promo, adalah:
1. Window shopping