syaihu arrahman
syaihu arrahman Guru

Guru yang suka menulis dan berbagi kebaikan lewat tulisan

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Nikmatnya Bukber Sambil Mengenang Persahabatan 4 Dasawarsa Saat Biru Putih

14 Maret 2024   12:47 Diperbarui: 14 Maret 2024   13:00 296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nikmatnya Bukber Sambil Mengenang Persahabatan 4 Dasawarsa Saat Biru Putih
Panitia bersama Pantia Bukber Alumni (foto : dokpri)

Alhamdulillah kita dipertemukan lagi dengan bulan Ramadan 1445 H. Selain rutinitas ibadah puasa dan ibadah sunah lain di bulan puasa, ada satu acara yang biasanya dinanti oleh setiap muslim yang berpuasa yaitu  buka bersama (Bukber). Acara ini merupakan  sesuatu yang hanya ada di bulan Ramadan.

Bukber bisa dilakukan dengan siapa saja, mulai dengan keluarga, kerabat, rekan sejawat, teman bisnis sampai teman alumni saat kita menempuh pendidikan sejak di tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/ MA dan teman kuliah sejak di S1-S3 bagi yang pernah mengenyam pendidikan tinggi.

Merajut Kenangan Mendulang Manfaat

Buka puasa bersama (bukber) telah menjadi tradisi yang sangat dihargai dalam budaya Muslim di seluruh dunia. Namun, bukber bisa menjadi lebih istimewa ketika dilakukan bersama teman-teman alumni SMP yang sudah 40 tahun tidak bertemu. Kami lulusan SMP Sunan Giri-Menganti-Gresik Jawa Timur tahun 1982, jadi sudah lebih 4 dasawarsa, lebih tepatnya 42 tahun.

Ini bukan hanya tentang berbagi makanan, tetapi juga tentang membangun kembali ikatan persahabatan yang telah terjalin lama.

Merencanakan Bukber Alumni SMP

Pertama-tama, tim inti yang terdiri dari pengurus alumni mengadakanperencanaan sebuah bukber bersama membutuhkan usaha yang cukup besar dalam mengumpulkan teman-teman lama, mumpung masih awal Ramadan, kami berencana mengadakan acara Bukber di pertengahan Ramadan.

Dalam kasus ini, mencari dan menghubungi teman-teman SMP yang belum pernah bertemu selama 42 tahun pasti memerlukan koordinasi yang efektif. Mulai dari menyusun daftar kontak hingga mencari tahu keberadaan mereka, ini bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Namun, semangat untuk bertemu kembali biasanya cukup kuat untuk mengatasi hambatan-hambatan semacam itu. Melalui media sosial atau sarana komunikasi modern lainnya, usaha untuk mengumpulkan kembali teman-teman lama bisa menjadi lebih mudah.

Setelah berhasil mengumpulkan semua orang, langkah berikutnya adalah memilih tempat yang tepat untuk acara bukber. Pemilihan waktu dan  tempat bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan karena melibatkan diskusi antara teman-teman yang terlibat,  hari pun telah dipilih Minggu 24 Maret 2024, kami memilih tempat di Rumah Makan di dekat lokasi Sekolah kami di Menganti-Gresik 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun