TJIPTADINATA EFFENDI
TJIPTADINATA EFFENDI Konsultan

Lahir di Padang,21 Mei 1943

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Hidup Berbagi Bukan Melulu Masalah Uang

2 Mei 2023   08:24 Diperbarui: 2 Mei 2023   08:32 1327
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hidup Berbagi Bukan Melulu Masalah Uang
Dokumentasi pribadi 

Banyak Orang Yang Perlu Dibantu Secara Non Materi

Banyak orang yang berpikir bahwa mengaplikasikan hidup berbagi,semata mata mengenai urusan uang dan materi. Padahal ada banyak orang yang secara financial,boleh jadi lebih banyak uangnya ketimbang uang kita,tapi ada kalanya  butuh bantuan. Seperti yang sudah pernah saya bagikan, sewaktu masih tinggal di Padang,tidak jarang saya dibangunkan ditengah malam. Ada yang mau melahirkan dan ada juga yang terluka dan butuh dilarikan kerumah sakit. Kendaran dirumahnya ada 3 ,tapi ditengah malam,mana ada sopir .? Kalaupun Sopir bisa ditelpon,tapi butuh waktu yang panjang, Sehingga pintu rumah kami digedor tetangga. Maka dengan senang hati,saya bangun dan mengajak isteri ikut bersama. Karena membawa wanita hamil ditengah malam sendirian,akan menimbulkan image negatif.  Tapi dengan didampingi isteri,maka  tidak akan ada masalah dibelakang hari.

"Menerapkan hidup berbagi terhadap sesama" berarti hidup dengan berbagi dan membantu orang lain. Ini bukan hanya tindakan sosial yang baik, tetapi juga sebuah sikap dan prinsip dalam hidup yang harus dipraktikkan oleh semua orang.

Kita seharusnya hidup berbagi terhadap sesama karena ada banyak manfaat dan alasan yang dapat dijelaskan, di antaranya: 

Ketika kita berbagi dengan orang lain, kita membantu mereka dalam kebutuhan mereka. Ini bisa berupa memberikan bantuan finansial, memberikan waktu dan perhatian, memberikan dukungan emosional, atau memberikan sumber daya yang dibutuhkan orang lain.

 Ketika kita hidup berbagi dengan orang lain, kita memperkuat hubungan persahabatan dan keluargaan 

Ketika kita berbagi dengan orang lain, kita merasa lebih bahagia .. Karena hidup kita ada manfaatnya bagi orang lain.

Hidup berbagi dengan orang lain, dapat menjadikan hidup kita menjadi berkat bagi sesama.

Berbagi dengan orang lain, kita menunjukkan rasa terima kasih kita atas apa yang kita miliki dan keberuntungan kita. Ini juga dapat membantu kita menghargai lebih banyak apa yang kita miliki.

Secara keseluruhan, hidup berbagi terhadap sesama adalah tindakan yang baik yang dapat membantu kita merasa lebih bahagia, memperkuat hubungan persahabatan dan keluargaan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun