UmsidaMenyapa1912
UmsidaMenyapa1912 Freelancer

Kami Instansi yang bergerak di bidang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Anti Boncos, Ini 8 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran

1 April 2024   15:36 Diperbarui: 2 April 2024   10:17 330
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anti Boncos, Ini 8 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran
Ilustrasi: Pexels

Lebaran menjadi salah satu momen besar bagi Indonesia untuk kembali menjalin silaturahmi dan membuka pintu maaf. Namun saat Raya Idul Fitri pula seseorang harus lebih bijak dalam mengatur keuangan bahkan saat momen hari raya ini pengeluaran selalu membengkak.

Lihat juga: Dosen Umsida Jelaskan 3 Sistem Keuangan Digital dan Evolusi Perilaku Keuangan di Era Digital

Direktur Direktorat Pengembangan Bisnis dan Investasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) yakni Hasan Ubaidillah SE MM, mengatakan bahwa momen lebaran merupakan salah satu ajang untuk berkumpul bersama keluarga (mudik). Momen tersebut digunakan untuk menunjukkan kapasitas keluarga secara personal maupun ekonomi.

"Yang bekerja sudah lama, mereka pulang dan menunjukkan kalau mereka sudah sukses di perantauan. Hal tersebut biasanya terlihat dari baju atau fashion lainnya. Mereka menunjukkan eksistensi ekonominya," tuturnya.

Di hari Raya Idul Fitri, pendapatan memang lebih tinggi daripada biasanya. Hal ini karena menjelang lebaran biasanya karyawan menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Tetapi dari sisi pengeluaran, momen Raya Idul Fitri lebih berbahaya dari hari biasa. menurut Ubaid, pengeluaran lebaran lebih banyak. Kenapa? Karena waktu lebaran, banyak produk diskon yang susah ditolak orang. Bahkan barang yang bukan kebutuhan pun mereka membeli agar "dipandang" orang lain.

Tips mengatur keuangan jelang lebaran

Ilustrasi: Pexels
Ilustrasi: Pexels

Setelah itu, Ubaid membagikan tips mengatur keuangan menjelang Raya Idul Fitri agar  saldo tidak berakhir nol setelahnya. Berikut diantaranya:

1. Membuat perencanaan

Membuat perencanaan terutama di bulan-bulan mendekati Idul Fitri sangatlah penting. Hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan seperti pengeluaran untuk sedekah untuk membeli keperluan rumah mudik, hingga bagi-bagi angpao.  

Agar perayaan lebaran tidak terhambat masalah finansial, maka pastikan membuat perencanaan ini jauh sebelum lebaran, bahkan sebelum bulan Ramadan. Bisa juga perencanaan ini dilakukan saat awal bulan setelah menerima gaji. Catat perencanaan ini dengan detail dan komitmen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun