Vicky Hayden Alzaini
Vicky Hayden Alzaini Mahasiswa

Halo, Saya Vicky. Saya suka menulis artikel ringan :D

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Hindari Makanan Manis dan Lemak yang Berlebih! Inilah 6 Tips Cegah Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa

4 April 2024   07:00 Diperbarui: 4 April 2024   07:03 221
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hindari Makanan Manis dan Lemak yang Berlebih! Inilah 6 Tips Cegah Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa
6 Tips Cegah Makan Berlebihan saat Berbuka Puasa/pexels.com @Chan Walrus (Edited By Vicky Hayden Alzaini)

Bulan Ramadhan ini adalah bulan yang penuh berkah dan momen spesial bagi umat Islam. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan saat bulan Ramadhan adalah makan berlebihan saat buka puasa. Rasa lapar dan haus setelah seharian berpuasa memang menggoda untuk menyantap semua makanan yang tersedia.

Buka puasa merupakan momen yang dinanti-nantikan setiap hari untuk menikmati hidangan lezat bersama keluarga dan teman-teman. Namun, seringkali buka puasa diwarnai dengan makan berlebihan yang dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Makan berlebihan saat buka puasa dapat mengganggu pencernaan, meningkatkan risiko obesitas, dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang selama bulan Ramadan. Dengan mempraktikkan 5 beberapa tips sederhana berikut ini, kita dapat mencegah makan berlebihan dan tetap menjaga kesehatan selama bulan suci ini.

1. Sajikan Hidangan yang Sehat dan Bergizi

Salah satu cara efektif untuk mencegah makan berlebihan saat buka puasa adalah dengan menyajikan hidangan yang sehat dan bergizi.

Pilih makanan yang memiliki protein, serat, vitamin, mineral serta karbohidrat kompleks penting. Hindari makanan yang memiliki lemah jenuh yang tinggi, gara, berlebih dan gula tambahan.

Dengan menyajikan hidangan yang sehat, kita dapat merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

2. Minum Air Putih Sebelum Makan

Minum air putih 1-2 gelas sebelum makan dapat membantu Anda merasa sedikit kenyang dan mengurangi rasa lapar. Hal ini akan membantu Anda untuk mengontrol porsi makan dan mencegah makan berlebihan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun