Wawan Hermawan
Wawan Hermawan Guru

Hobi jalan-jalan, membaca, menulis dan membahagiakan orang.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Apakah Anda Mudik Lebaran Tahun Ini? Pastikan Rumah Tetap Aman

4 April 2024   11:40 Diperbarui: 4 April 2024   17:04 179
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apakah Anda Mudik Lebaran Tahun Ini? Pastikan Rumah Tetap Aman
Sumber gambar ig

Apakah Anda Mudik Lebaran Tahun Ini? Pastikan Rumah Tetap Aman!

 

Lebaran menjadi moment yang sangat dinantikan oleh mereka yang telah usai melaksankan ibadah puasa selama sebulan penuh, moment bahagia itu begitu ditunggu seluruh umat muslim dimanapun mereka berada, lebaran menjadi ajang berkumpul bersama sanak keluarga baik yang dekat maupun yang jauh untuk melepas rindu.

Rasanya ada sesuatu yang kurang ketika kita tidak melakukan mudik, untuk bisa berkumpul bersama keluarga di saat merayakan hari raya lebaran (Iedul Fitri), makanya mudik itu menjadi tradisi dalam ritus tahunan bagi kaum muslimin, khususnya di Indonesia.

Menjelang berakhirnya ibadah puasa Ramadhan dalam setiap tahunnya, mulai H-5 sampai H-1 ruas-ruas jalan akan dipenuhi oleh berbagai kendaraan yang melintas, tidak hanya jalur darat saja yang digunakan, ada jalur udara dan jalur laut yang mereka tempuh. Mudik menjadi tradisi (kearifan lokal) di Nusantara.  

Bagi mereka yang merantau jauh dari keluarga tercinta karena tugas negara, tuntutan pekerjaan, atau tinggal dikampung halaman isteri, maka mudik ke kampung halaman untuk berkumpul dan merayakan lebaran bersama keluarga menjadi sesuatu yang paling membahagiakan.  

Namun jangan sampai ketika anda sedang melaksanakan mudik kekampung halaman, hal yang tidak diinginkan terjadi menimpa seperti kebakaran ataupun kemalingan, untuk itu sebelum meninggalkan rumah periksan dulu dan pastikan rumah dalam keadaan aman, agar selama melasanakan mudik dalam keadaan tenang, tentram dan bahagia, barangkali langkah dibawah ini bisa dijadikan referensi bagi anda yang akan melaksanakan mudik.

 

  • Matikan Kompor, pastikan kompor dirumah anda sebelum berangkat mudik dalam keadaan mati, karena tidak sedikit ketika anda sudah berada ditempat tujuan mudik, baru ingat kompor belum dimatikan, juga tidak hanya di matikan tetapi copot antara selang dan gas yang menyambungkan ke kompor, mencegah lebih baik tentunya.
  • Pasang tralis, tralis menjadi hal penting dalam hal pengamanan, kenapa tidak, ikhtiar ini dilakukan, menjaga keamanan dirumah anda. Karena tidak sedikit ketika rumah kosong, maling masuk melalui jendela. Paling tidak ketika sudah dipasang tralis yang berniat maling masuk lewat jendela tidak akan bisa.  
  • Kunci Pintu dan Jendela, pastikan sebelum berangkat meninggalkan rumah pintu dan jendela terkunci kalau bisa pakai kunci ganda.  
  • Pasang CCTV, karena rumah tidak berada dalam pantauan kita, maka memasang CCTV bisa dijadikan sebagai pembuktian yang akurat dari dalih-dalih kepura-puraan pelaku dari kejahatan yang dilakukannya, paling tidak bukti ini menjadi saksi bisu yang membuat orang tidak bisa berkelak lagi.
  • Ada satpam yang menjaga lingkungan, kalau diperumahan biasanya ada penjagaan yang dilakukan oleh satpam, ini mungkin menjadi hati kita tanang selamamenjalani mudik, atau menitipkan rumah kesaudara terdekat yang tidak ikut mudik.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun