YAHYA KHOIRUL AZIZ
YAHYA KHOIRUL AZIZ Mahasiswa

Mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Daily Ramadan di Pondok Pesantren Al-Ghozali: Momentum Kebahagiaan dan Kebersamaan

4 April 2024   10:20 Diperbarui: 4 April 2024   10:24 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Daily Ramadan di Pondok Pesantren Al-Ghozali: Momentum Kebahagiaan dan Kebersamaan
Sumber: Dokumen pribadi

Ramadhan merupakan bulan suci yang harus senantiasa diisi dengan kegiatan positif dan kebaikan. Tempat yang bisa Anda ikuti dan Anda wajib mengikuti kegiatan-kegiatannya adalah pondok pesantren. Salah satu ciri khas kegiatan yang ada di pondok pesantren saat bulan suci ramadhan adalah membentuk acara kegiatan ramadhan. Di manapun tempatnya, pondok pesantrennya, atau sejenisnya menyelenggarakan kegiatan ramadhan tersebut. Biasanya, setiap pondok pesantren membentuk sendiri panitia khusus untuk meramaikan atau mengisi kegiatan ramadhan di pondok pesantren. Hal ini merupakan satu kegiatan yang ditunggu-tunggu santri setiap bulan ramadhan di setiap tahunnya. 

Salah satunya adalah Pondok Pesantren Al-Ghozali Yogyakarta. Pondok pesantren Al-Ghozali ini merupakan pondok pesantren yang santrinya berasal dari mahasiswa-mahasiswi dari kampus-kampus yang ada di Yogyakarta. Pondok pesantren ini dikhususkan bagi mereka yang kuliah dan juga ingin mengaji atau mengenyam pendidikan di pesantren. Pondok pesantren ini berlokasi di Sambilegi Lor No.32, Nanggulan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Selama bulan suci ramadhan, pondok pesantren Al-Ghozali ini menyelenggarakan kegiatan khusus ramadhan di tiap tahunnya. Kegiatan ramadhan di pondok pesantren ini yang dilaksanakan tiap tahunnya diberi nama "DARLY : Daily Ramadhan in Al-Ghozali". Untuk ramadhan tahun 2024 ini, pondok pesantren Al-Ghozali mengusung tema "Evaluating Spirituality: Celebrating the Blessed Month of Ramadhan".

Kegiatan ramadhan ini dirancang dan dipersiapkan secara matang oleh Panitia Kegiatan Ramadhan. Panitia ini dibentuk secara khusus untuk melancarkan dan menyelenggarakan berbagai kegiatan ramadhan yang ada di pondok pesantren Al-Ghozali. Persiapan pun telah dibahas jauh-jauh hari sebelum masuk suci ramadhan, tutur Alif, ketua panitia kegiatan ramadhan. Ia membentuk anggota panitia dari santri dan menentukan Penanggung Jawab setiap kegiatan yang diselenggarakan. 

Kegiatan ramadhan yang diselenggarakan juga bermacam-macam. Diharapkan dengan adanya kegiatan ramadhan ini, santri-santri tetap aktif dan berpartisipasi mengikuti rangkaian kegiatan yang sudah ditentukan di bulan suci ramadhan. Santri-santri harus tetap semangat mengikuti kegiatan ini di tengah-tengah padatnya agenda kuliah yang ada. Sehingga bulan Ramadhan ini santri-santri pondok pesantren Al-Ghozali dapat mengisi hari-hari ramadhan dengan kegiatan yang positif. 

Anda pasti penasaran? kegiatan ramadhan apa saja yang diselenggarakan di pondok pesantren Al-Ghozali tahun 2024 ini. Berikut kegiatan-kegiatan ramadhan yang telah dilaksanakan. 

1. Ngaji Kitab Pasan

Dalam kesempatan bulan ramadhan ini, pondok pesantren Al-Ghozali menyelenggarakan ngaji pasan (ngaji kitab kuning khusus di khatamkan pada bulan ramadhan). Jadwal mengajinya, dibagi 3 waktu dalam sehari. Pertama, setelah subuh mengaji Kitab Bidayatul Hidayah. Kedua, setelah ashar mengaji Kitab Al-Mar'ah. Dan ketiga, setelah shalat tarawih mengaji Kitab An-Nurul Mubin.

2. Tadarus Al-Qur'an

Bulan ramadhan sudah tidak asing dengan tadarus Al-Qur'an. Sudah selayaknya bulan ramadhan diisi dengan mengkhatamkan Al-Qur'an. Di pondok pesantren Al-Ghozali kegiatan tadarus Al-Qur'an dilaksanakan setiap setelah mengaji kitab setelah shalat tarawih atau jam 21.00 WIB serta setelah mengaji Kitab subuh atau jam 06.00 WIB. Tadarus ini diikuti oleh semua santri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun