zaldy chan
zaldy chan Administrasi

cintaku tersisa sedikit. tapi cukup untuk seumur hidupmu

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Fiksi Idulfitri: Kotak Pandora, Rahasia atau Misteri?

23 April 2023   22:17 Diperbarui: 24 April 2023   00:00 1051
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksi Idulfitri: Kotak Pandora, Rahasia atau Misteri?
Lukisan Pandora karya Lawrence Alma-Tadema, 1881/Foto: wikipedia.org

Satu pesan tampil di layar ponselku. Engkong memintaku menunggu. Dengan menggunakan tiga tanda seru.

Akupun bergegas meraih sapu. Engkong tak pernah mengizinkan lantai papan pos ronda berdebu.
***

Tak ada orang lain. Engkong datang sendirian. Usai bertukar ucapan saling meminta maaf dan selamat lebaran. Engkong langsung mengajukan pertanyaan.

"Kau sudah ikut quiz Mystery Challenge hari ini?"
"Sudah!"
"Berapa nilaimu?"
"Rahasia!"

Engkong tertawa. Kemudian ajukan dua jari jempol yang menempel di ujung tangannya padaku. Seperti biasa. Aku harus bersiap. Pujian Engkong tak pernah gratisan.

"Kau tahu kotak Pandora?"
"Hah!"

Aku terkejut dengan pertanyaan Engkong yang tiba-tiba. Sekali lagi. Suara tawa Koordinator Majelis Rukun Gang Sapi itu, tanpa permisi melesat ke liang telingaku.

"Jika merujuk pada kisahnya. Kotak Pandora itu bukanlah seperti kotak yang kau dan aku pahami. Tapi berbentuk guci yang digunakan untuk menyimpan barang. Dan guci berbeda jauh dari bentuk kotak, kan?"

Kali ini. Tanpa pertanyaan dan tanpa bantahan, keran air kembali menguasai raga Engkong. Akupun dengan cepat mengatur otakku, untuk menyediakan ruang kosong.

"Terus, kenapa disebut kotak? Kenapa tidak disebut Guci Pandora?"

Dua pertanyaan beruntun keluar tanpa jeda. Akupun memilih diam, dan mendengarkan. Aku tahu, pertanyaan itu tak butuh jawabanku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun