Anggun Ariyani
Anggun Ariyani Mahasiswa

Menulis dan travelling

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan Tubuh

4 April 2024   09:58 Diperbarui: 4 April 2024   10:02 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Manfaat Berpuasa bagi Kesehatan Tubuh
Tebar Hikmah Ramadan. Sumber ilustrasi: PAXELS

Anda harus tau, selain beribadah berpuasa merupakan kegiatan yang membawa banyak manfaat. Sebagian orang beranggapan bahwa berpuasa menahan hawa nafsu makan dan minum dan membersihkan diri, namun faktanya puasa sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan. Simak berikut ini untuk mengetahui manfaat berpuasa bagi kesehatan;

1. Mengontrol gula darah agar tetap stabil 

Berpuasa dapat bermanfaat bagi yang menderita diabetes, puasa dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kelebihan gula darah. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung 

Berpuasa secara teratur akan membantu tubuh beradaptasi dengan salah satu caranya adalah lemak akan dijadikan sumber utama tubuh. Maka dari itu kolestrol di dala tubuh akan berkurang dan mengurangi resiko penyakit jantung. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Puasa yang kita jalan kan kurang lebih satu bulan , hal itu dapat memicu proses regenerasi sistem kekebalan tubuh sehingga menjadi lebih baik di berbagai kalangan usia. 

4. Mengurangi peradangan 

Dengan cara berpuasa dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Peradangan pada tubuh adalah suatu hal yang wajar saat sistem imun yang sedang melawan infeksi. 

5. Meningkatkan fungsi otak 

Lapar dan haus pada saat bepuasa justru memicu pertumbuhan neuron ( sel saraf) baru di otak. Oleh sebab itu dapat menambah fungsi otak. 

Itu lah beberapa manfaat bagi tubuh ketika berpuasa di bulan suci ramadhan, ini lah beberapa pendapat dari ahli kesehatan. 

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun