Eko Adri Wahyudiono
Eko Adri Wahyudiono Guru

Mengajar dan mendidik semua anak bangsa. Hobi : Traveling, tenis, renang, gitar, bersepeda, nonton film, baca semua genre buku, menulis artikel dan novel.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Menjelang Lebaran, Enaknya Memberikan Parsel, Hamper, atau Merchandise?

2 April 2024   22:05 Diperbarui: 3 April 2024   17:28 1687
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menjelang Lebaran, Enaknya Memberikan Parsel, Hamper, atau Merchandise?
Sebagian Parsel dalam wadah kotak plastik tertata dan siap dikirim untuk lebaran. Sumber gambar dokumen pribadi

Wah, tidak terasa, lebaran tinggal 8 hari lagi, tapi rasanya masih banyak agenda yang belum bisa diselesaikan dalam waktu bersamaan dan secepatnya. 

Mulai dari tadarus, salat taraweh, masih harus masuk kerja rutin sebagai aparatur sipil negara dan juga hal lainnya dalam mempersiapkan apa saja sebelum Hari-H-nya lebaran benar-benar tiba.

Salah satunya tentu saja membuat perencanaan dari dana yang sudah disiapkan untuk berbelanja semua kebutuhan pokok sandang seperti baju koko atau muslim, sarung, kopiah dan lainnya. Untuk pangan, seperti gula, kue kering lebaran, coklat, sirup, kurma dan lainnya.

Menata bahan pangan dan sandan dan kotak plastik untuk parsel lebaran. Sumber gambar dokumen pribadi
Menata bahan pangan dan sandan dan kotak plastik untuk parsel lebaran. Sumber gambar dokumen pribadi

Belum lagi, berburu uang baru berbagai pecahan dalam nominalnya untuk 'uang saku lebaran'dengan jumlah yang bervariasi kepada sanak sodara dan handai taulan yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah sekalipun.

Untungnya, semua kebutuhan sandang dan pangan yang akan diberikan sebagai hadiah untuk menyambung tali silaturahmi tersebut sudah disiapkan dan dibelanjakan pada awal bulan Ramadan. Karena saat itu, semua harga kebutuhan pokok belumlah naik drastis dibanding seperti waktu seminggu sebelum hari lebaran.

Nah, setelah itu tinggal memutuskan, kira-kira wadah yang terbuat dari apa yang tepat untuk diberikan sebagai bentuk rasa syukur dengan berbagi banyaknya anugerah rezeki Allah SWT ini. Oleh karena itu, sebenarnya, ada 3 tempat yang sudah disiapkan, yaitu :

Pertama, bentuk Parsel atau parcel dalam Bahasa Inggrisnya. Untuk parsel ini ada 2 wadah yang disiapkan, yaitu satu berbahan kotak kardus dan plastic box (kotak plastik).

Bila menggunakan box dari plastik, wadah tersebut akan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan makanan kering atau barang-barang lainnya setelah lebaran. Sedangkan, kotak kardus, umumnya akan pergi ke bak sampah.

Sebenarnya, arti parcel itu adalah barang yang sudah terbungkus rapi dan siap untuk dikirim kepada penerimanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun