Merza Gamal
Merza Gamal Konsultan

Penulis Buku: - "Spiritual Great Leader" - "Merancang Change Management and Cultural Transformation" - "Penguatan Share Value and Corporate Culture" - "Corporate Culture - Master Key of Competitive Advantage" - "Aktivitas Ekonomi Syariah" - "Model Dinamika Sosial Ekonomi Islam" Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Pilihan

Tips Menjaga Rumah dan Ketaqwaan Selama Mudik Lebaran

4 April 2024   06:55 Diperbarui: 4 April 2024   07:01 443
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Menjaga Rumah dan Ketaqwaan Selama Mudik Lebaran
Sumber gambar: Dokumentasi Merza Gamal


Perjalanan Menuju Ketenangan

Setiap tahun, ketika musim Lebaran tiba, sebuah gelombang kehangatan dan kegembiraan melanda hati setiap orang. Ini adalah waktu yang dinantikan dengan penuh antusiasme, di mana keluarga bersiap-siap untuk merayakan momen kebersamaan yang berharga.

Namun demikian, di tengah keramaian persiapan, terkadang kita lupa satu hal yang sama pentingnya: rumah kita yang setia menanti kepulangan kita.

Meninggalkan rumah selama mudik memang sebuah ritual yang biasa, tetapi perlu diingat bahwa rumah kita adalah tempat di mana kita berlindung, beristirahat, dan menciptakan kenangan.

Oleh karena itu, persiapan yang matang dan perhatian khusus diperlukan agar rumah tetap aman selama kita tidak berada di sana. Bayangkan ini sebagai awal dari perjalanan kita menuju ketenangan sejati.

Langkah Awal: Menyiapkan Rumah Anda untuk Perjalanan

Sebelum melangkah keluar dari pintu rumah Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Periksa Pintu dan JendelaPertama-tama, pastikan semuanya terkunci dengan baik. Di tengah kesibukan persiapan mudik, sering kali hal kecil seperti ini terlupakan. Namun, memastikan pintu dan jendela terkunci dengan rapat adalah langkah pertama yang penting dalam menjaga keamanan rumah.
  • Aktifkan Sistem Keamanan: Jika Anda memiliki sistem keamanan seperti kamera CCTV atau alarm rumah, pastikan semuanya berfungsi dengan baik sebelum Anda meninggalkan rumah. Ini akan memberikan Anda sedikit ketenangan pikiran selama perjalanan.
  • Matikan Sumber Listrik dan Air: Saat Anda siap untuk berangkat, pastikan untuk mematikan sumber listrik dan air utama. Langkah ini akan membantu mencegah risiko kebakaran atau kebocoran yang tidak terkendali selama Anda tidak berada di rumah.

Menjaga Ketaqwaan dan Spiritualitas Selama Mudik

Saat kita memasuki bulan suci Ramadan, kita diingatkan untuk meningkatkan ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Namun, ketika momen mudik Lebaran tiba, terkadang ada kecenderungan untuk melupakan komitmen spiritual kita di tengah keriuhan persiapan perjalanan.

Namun demikian, penting untuk diingat bahwa menjaga ketaqwaan dan ibadah kita selama mudik adalah bagian integral dari menjadi Mukmin Sejati Sepanjang Masa.

Selama perjalanan mudik, jangan biarkan rutinitas ibadah Ramadan Anda terganggu. Tetapkan waktu untuk melaksanakan shalat lima waktu, membaca Al-Qur'an, dan melakukan dzikir kepada Allah SWT.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun