Novia Respati
Novia Respati Wiraswasta

Senang menulis dan memasak 😊

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN

Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Harus Ditinggal Mudik

4 April 2024   04:30 Diperbarui: 4 April 2024   04:41 526
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Harus Ditinggal Mudik
sumber gambar : Pixabay.com

Tiap mendengar kata mudik, pasti rasanya senang sekali bisa berjumpa kembali dengan keluarga sekaligus suasana di kampung halaman. Tapi jujur saja, saya belum pernah merasakan euforianya mudik.

Lahir dan besar di Jakarta, sanak saudara di kampung rata-rata juga sudah berpencar. Keluarga terdekat termasuk kakek nenek, sudah lama tinggal di Bogor. Cukup dekat dengan tempat tinggal kami para cucu. Maka setiap hari raya, kami cukup berkumpul di kediaman beliau.

Meski belum pernah mudik, setidaknya dapat dibayangkan dan dikira-kira, hal apa saja yang harus dipersiapkan ketika berniat meninggalkan rumah dalam kurun waktu yang tidak sebentar, seperti saat mudik ke kampung halaman.

Agar hati tetap tenang saat menikmati waktu mudik, maka tips menjaga keamanan rumah yang benar-benar harus diperhatikan, yaitu :

1. Cek seluruh keran air yang ada di rumah. Pastikan dalam keadaan mati, tidak ada air menetes sedikit pun.

2. Cabut semua colokan elektronik dari stop kontak. Seperti televisi, kulkas, dispenser dan sebagainya. Maka sebaiknya kulkas jangan diisi dengan bahan makanan, agar tidak menjadi rusak/ basi. Jika ada ruang ber-AC, pastikan posisi AC benar-benar sudah dimatikan.

3. Pastikan kompor dalam keadaan mati. Untuk kompor gas sebaiknya dilepas dulu antara tabung dengan selangnya. Lalu tutup bagian atas tabung gas dengan meletakkan kain lap.

4. Jangan nyalakan semua lampu ruangan. Cukup lampu kamar mandi dan teras depan - belakang saja. Serta lampu taman jika ada.

5. Cek kondisi seluruh jendela yang ada, pastikan terkunci. Tutup rapat gordennya.

6. Kunci 2x semua pintu yang ada. Kecuali kamar mandi, sebaiknya dibiarkan saja pintunya terbuka agar udara dapat bersirkulasi selama kamar mandi tidak digunakan berhari-hari. Jangan lupa menggembok pagar rumah.

7. Pamit dengan tetangga, terutama yang paling dekat rumahnya dengan kita. Siapa tahu mereka tidak mudik dan lebaran di rumah, jadi bisa titip-titip. Mana tahu ada orang mencurigakan yang sliweran di dekat rumah, jadi tetangga bisa menegurnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun