Oktavia Wijaya
Oktavia Wijaya Freelancer

Travel Enthusiast🍃 □ 📝 www.aivatko.com □📷www.instagram.com/oktaav

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Artikel Utama

Siap Glowing Pas Lebaran? Ini Dia Tipsnya!

28 Maret 2024   00:09 Diperbarui: 28 Maret 2024   16:40 685
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Siap Glowing Pas Lebaran? Ini Dia Tipsnya!
whimsigirl.com

Kulit cenderung kering dan kusam merupakan hal yang sering terjadi ketika kita melaksanakan  puasa. Hal ini disebabkan karena kondisi dan vitalitas kulit yang menurun. Memangnya, kenapa kulit cenderung kering dan kusam saat berpuasa?

Ada beberapa faktor penyebab kulit kering dan kusam. Diantaranya bisa kurang minum atau kurang cairan, kurang tidur, makan sembarangan, dan pengaplikasian perawatan kulit yang tidak tepat. Kulit yang kering dan kusam ini selain di bagian wajah, bisa juga di bagian tangan dan kaki. Hormon kortisol yang meningkat saat kita begadang juga bisa memperburuk kondisi inflamasi kulit. Kondisi ini diperparah dengan makan makanan yang salah seperti gorengan dan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Hayoo, siapa nih yang sering buka puasa sama gorengan dan minuman-minuman manis?

Akumulasi dari beberapa habit yang buruk, ditambah jam tidur yang kurang dan mengonsumsi makanan yang salah ini yang membuat kulit bermasalah. Mungkin tidak semua orang sadar kalau kulitnya bermasalah dan butuh pertolongan, tapi kita bisa belajar mulai dari sekarang demi lebaran yang glowing!

Tips Glowing Saat Lebaran

Kulit kering dan kusam selama berpuasa bikin insecure beberapa orang. Pedahal dengan perawatan yang tepat dan konsisten, kulit bisa kembali sehat dan glowing. Caranya, sebagai berikut:

  • Minum Air yang Cukup

Udah tahu berapa kebutuhan air untuk manusia setiap harinya? Yup, total 2 liter atau 8 gelas. Tapi saat berpuasa, kita gak bisa minum siang-siang dan haus. Supaya tetep bisa mencukupi kebutuhan tubuh, kamu bisa membagi menjadi beberapa kali minum dengan contoh:

1 gelas setelah bangun tidur

1 gelas setelah sahur

1 gelas saat berbuka puasa

1 gelas setelah salat magrib

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun