Menjadi Guru yang Menyenangkan
Riadhotun Nadhifa
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah ddan ilmu Keguruan
Program Studi apendidikan Islam UNISNU Jepara
Menjadi guru merupakan panggilan jiwa .mengabdi dengan sepenuh hati dan seluruh tekad yang kita punya.tetapi hal itu tidaklah cukup,pengetahuan yang luas dan sifat keteladanan juga harus di punya trrlebih lagi rasa kedekatan pada siswa perlu selalu kita jaga.
Menjadi guru yang menyenangkan bagi siawa memang sebagian beaar guru-guru .untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi anak didiknya seorang guru harus menguasai berbagai keterampilan ,seperti keterampilan sosial yakno sebagaimana seorang guru dalam melakukan interaksi dengan anak didiknya dan bagaimana pola komunikasi yang di bentuk antara seorang guru dengan muridnya.
Selain itu guru juga harus bisa menghadirkan ikatan emosional dengan siwanya agar pembelajaran dan pendisikan berjalan bermakna dan membuat siswa lebih menikmati proses pembelajaran.selain keterampilan sosial untuk menjadi guru yang menyenangkan bagi siswa,maka seorang guru juga harus memiliki kecerdasan intelektual agar segala ketidaktahuan siswa,kebutuhan esukaai siswa biaa terjawab dan terselesaikan melalui kemampuan dan kapabilitaa gurunya.
Menjadi guru yang menyenangkan bagi anak didik adalah hal penging,bagaimana bisa anak menerima pelajaran jika anak tidak menyukai gurunya sendiri,yang ada anak jadi tidak berminat untuk beljara dan tidak mau aekolah ,lalu apa yang harusbdi lakukan agar anak bisa menyukainya?.
Memahami Kepribadian dan Karakter Anak.
Seorang guru perlu memahami perkembangan anak didiknya.anak memiliki karakter yang unik satu sama lain.untuk memahami karakter anak guru harua melakukan pendekatan intetnal,dan memulai dengan apa yang di sukai anak ,berbicara dengan bahasa anak sehingga anak mengerti dan tidak takut berkomunikasi dengan guru.
Jalinlah ikatan yang positif agr anak tetap nyaman,selain melakukan pendekatan,dengan murid,guru juga perlu berkomunikasi dengan orang tua murid mengenai dengan hal-hal yang berkaitan dengan anak disiknya,sehingga guru lebih mengenal anak didiknya lebih dalam.
Sabar Dan Pemuh Kasih Sayang
Anak -nak usia dini memiliki pola belajar yang berbeda dengan sekolah tinggi , di oerlukan kesabaran ekstra untuk menghadapinya .di bjtuhkan peran guru yang efektif dalam mengajara dan sesuai dengan kebutuhan anak ,guru harus mampu mendampingi mereka.
Semisal anak bermain - main ketoka pelajaran berlangsung,bikan berarti sebagai guru langsung memarahinya ,jika hal seperri itu di lakukan maka sudah pasti guru langsung si cap jelek oleh muridnya.murid menjadi tidak menyukai guna,al hasil tidak mau menerima pelajaran dan tidak mau datang sekolah
Kreafif
Guru yang kreagif akan ide,ia tidak hanya mengajar berdasarkan kurikulum atau materi yang sudah di tetapkan tetapi ia juga mengembangkannya,sehingga proses transfer ilmu tidak denfan cara yang sama dan dapat brrvariasi, guru yang kreatif sudah pasti tidak membosankan untuk anak dudiknya dan tidak pernah menyerah dalam belajar sesuafu.
Guru juga biaa berbagi dengan guru lainnya untuk memperkata ilmu pengetahuan dan berxerita pengalaman-pengalaman yang berbeda.tidaklah mudah mebtransfer ilmu dari seorang guru menuju keanak didiknya.namun itulah tantangan yang biasanya di hadapi oleh seorang guru.seorang guru yang kreatif akan selalu mencoba berbagai cara agar anak disiknya mudah memahami materi pelajaran tang siberikan.
Guru yang kretif harua biaa bekerjasama dengan sesama guru,anak didik,kepala sekolah,dan pihak-pihak,yang berada di lingkungan sekolah .hal ini juga berguna untuk menyatukan misi dan viai diri dengan misi dan visi sekolah dan mengurangi kesalah pahaman dan permasalahan mungkin terjadi.
Selalu Tersenyum
Senyum adalah sedekah yang paling mudah,guru yang selalu tersenyum paatinya memberikan energi positif untuk menyenangkan hati muridnya,jangan sampai menunjukkan mimik wajah yang terlalu seriua di depan anak disik.itulah mengapa guru aeharusnya profeaional dalam melaksanakan tugaanya,jika ada masalah di dalam keluarga maka tidak seharusnya melibatkan anak didik,mengeluhkannya,tidak menjawab pertanyaan dengan benar,karena anak merasa tidak di hargai .
Tidak Membanding -bandingkan
Sebaiknya guru gidak membanding- bandingkan anak sidik dengan anak didik lainnya,karena itu akan menimbulkan ketidak percayaan diri anak.tudak salah jika guru memuji apabila anak melakukan hal yang baik atau mengajarkan sebuah karya,hal itu jauh lebih baik dari pada membandingkan satu sama lain,halbini bisa menyebabkan guru di aebut pilih kasih.
Rendah Hati dan Sabar
Guru yang baik harus memiliki kwrendahan hati.tidak merasa sombong dan juga takabur dengan segala ilmu dan pengalaman yang di milikinya .belum tentu guru lebih pintar dari siswanya bisa jadi siswa lebih pintar dari muridnya .sebab di zaman serba maju ini,ilmu biaa datang dari mana saja,guru hanya sebagai fasilitator saja.oleh sebab itu.
Kendalikan diri untuk tidak merasa menjadi yang paling benar,guru juga manusia,tidak pernah luput dari salah dan kekeliruan.terima,akui dan perbaiki jika pernah di ajari sampai mengerti.bila perlu ada perilakuan khusus untuk beberapa aiswa yang tertinhgal.
selanjutnya sabar juga di terapkannya pada saat siswa melakukan kesalahan ,guna pendekatan yang baik sehingga siswa mau mengakui kesalahannya dan berjanji untuk berubah .jangan lantas di deak dan di tuduh tanpa ada bukti.jika memang ada bukti,barulah di beri sanksi yang sesuai aturan dan norma di lingkungan sekolah.
Sebenarnya da banyak cara menjadi guru yang baik,tetapi dasarnya ada di poin-poin di atas.jika seorang guru mau senantiasa belajar dan memahami siswanya maka secara tidak langsung dia akan menjadi guru yang baik,maka secara otomatis kita juga akan menjadi guru yang menyenangkan dan di rindukan