SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Guru

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi tahun 2023: 💗Gerimis Cinta Merdeka 💗Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Versi Buku Cetak 💗 Yang Terpilih Antologi tahun 2022: 💗Kisah Inspiratif Melawan Keterbatasan Tanpa Batas. 💗 Buku Biru 💗Pandemi vs Everybody 💗 Perubahan Itu Pasti, Kebajikan Harga Mati - Ebook Karya Antologi 2020-2021: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati

Selanjutnya

Tutup

RAMADAN Artikel Utama

Jelang Bulan Ramadan, Belajar Bikin Takoyaki Bareng Bestie

29 Februari 2024   11:17 Diperbarui: 12 Maret 2024   13:56 788
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jelang Bulan Ramadan, Belajar Bikin Takoyaki Bareng Bestie
Ilustrasi gambar: Dokumen Foto Seli dengan olah gambar InCollage Siska Artati

Suatu ketika jelang maghrib beberapa pekan lalu, tetangga yang sangat akrab dengan keluarga kami, mampir memberikan sekotak kudapan berisi Takoyaki. Masih hangat dan ternyata bikinan beliau sendiri.

Begitu menyantapnya, saya manggut-manggut sebagai tanda setuju bahwa takoyaki buatannya enak dan pas rasa di lidah. Sebagai penyuka kudapan, saya berniat belajar bikin cemilan ini padanya.

Saya memang belum pernah membuat kudapan dari Jepang ini, sehubungan belum punya wajan khusus untuk membuatnya. Pula resep yang berkaitan dengan adonan-adonan tepung, jarang saya coba. Lebih sering beli cemilan ini melalui aplikasi perpesanan makanan.

Pekan lalu, saya menghubungi bestie tersebut untuk janji temu masak bareng di rumahnya. Ia menyambut dengan senang hati. Saya pun mengecek persiapan bahan di rumah yang bakal saya bawa. Bestie menawarkan agar segala bumbu bakal ia siapkan yang ada di rumahnya.

Janji temu akhirnya sepakat di hari Rabu usai saya mengajar tahsin dari kantor dinas.

Ternyata, saya mendapat ilmu baru tentang dunia perbumbuan yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Bestie saya menjelaskan dengan sabar pertanyaan yang terlontar karena saya mah benar-benar nol soal bumbu masak ala Jepang. 

***

Bestie mengenalkan pada saya berupa bumbu kaldu bubuk ikan dan sirup jagung yang ia gunakan sebagai bumbu dasar pembuatan adonan Takoyaki.

Sebutan kaldu ikan yang digunakan adalah Dashi sebagai bumbu utama segala masakan Jepang.

Namun bisa kita sesuaikan dengan bumbu yang tersedia di dapur masing-masing. Bisa juga dengan kaldu bubuk rasa jamur atau lainnya jika tidak tersedia kaldu ikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Ramadan Bareng Pakar +Selengkapnya

Krisna Mustikarani
Krisna Mustikarani Profil

Dok, apakah tidur setelah makan sahur dapat berakibat buruk bagi tubuh? apakah alasannya? Kalau iya, berapa jeda yang diperlukan dari makan sahur untuk tidur kembali?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana
icon

Bercerita +SELENGKAPNYA

Ketemu di Ramadan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun